Wagub Imbau Jaga Stabilitas Keamanan

Jelang Pilkada Serentak 2015

 

 

SAMARINDA- Tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak tahun ini sudah mulai dilaksanakan. Bahkan pendaftaran bakal calon kepala daerah juga sudah dimulai hingga 3 Agustus 2015.

Menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) HM Mukmin Faisyal HP mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat, mulai dari jajaran pemerintahan, swasta hingga organisasi masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan tersebut dengan cara menjaga stabilitas keamanan daerah, sehingga penyelenggaraan pemilukada di Kaltim sukses dan tertib.

“Saya harapkan seluruh komponen masyarakat untuk menjaga stabilitas keamanan yang saat ini sudah kondusif. Karena kondisi ini sudah kita capai bersama, sehingga wajar jika ketika pemilukada serentak diharapkan kondisi yang sama dapat kita rasakan,” kata Mukmin Faisyal ketika dikonfirmasi di Samarinda baru-baru ini.

Stabilitas atau kondusifitas keamanan yang ada saat ini tidak mudah dibangun, karena perlu adanya dukungan semua pihak, terutama masyarakat. Kondisi tersebut telah terbukti aman dan tertib sejak penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2013, kemudian dilanjutkan pemilihan anggota legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden.

Karena itu, dukungan semua pihak, terlebih masyarakat sangat diperlukan, sehingga penyelenggaraan pemilukada serentak dapat berlangsung sukses. “Pemerintah berharap apa yang telah dirasakan masyarakat saat ini jangan ternodai karena berbeda pandangan politik maupun golongan serta organisasi. Sehingga bisa menyebabkan stabilitas atau kondusifitas daerah terganggu. Jadi, kondisi yang aman saat ini harus dijaga bersama,” jelasnya.

Apabila ada terbukti salah satu pihak atau golongan yang mengatasnamakan organisasi untuk mengganggu stabilitas yang ada saat ini, maka Pemerintah Daerah tidak segan untuk menginstruksikan kepada jajaran TNI dan Polri untuk mengamankan bahkan menangkap pihak tersebut, sehingga keamanan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di Kaltim berlangsung sukses.

“Mewujudkan stabilitas yang aman tersebut, diharapkan semua pihak harus dewasa dalam berpolitik. Tidak menghalalkan segala cara. Apalagi, memberikan dampak tidak amannya kondisi daerah yang selama ini terbangun dengan baik,” jelasnya.

Menurut dia, kedewasaan berpolitik, baik masyarakat maupun calon kepala daerah bahkan pendukung masing-masing calon sangat diperlukan. Artinya, dengan menjaga stabilitas keamanan tersebut, maka semua pihak bahkan masing-masing tim pasangan calon sudah memberikan pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat, sehingga keamanan daerah tetap terjaga.

Bahkan, pemerintah daerah meminta agar masing-masing tim pasangan calon maupun partai pengusung untuk memberikan pembelajaran politik yang benar, sehingga penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut berjalan baik di daerah ini.

“Banyak cara yang dapat dilakukan. Misal, sosialisasi tentang pasangan calon maupun program yang akan ditawarkan kepada masyarakat, bukan malah merusakan fasilitas Negara maupun mempengaruhi masyarakat untuk bertindak anarkis, sehingga menyebabkan keamanan daerah terganggu. Kami berharap penyelenggaraan pemilukada di Kaltim berlangsung, aman, tertib dan sukses, seperti penyelenggaraan sebelumnya,” jelasnya.(jay/hmsprov)   

Berita Terkait
BERITA FOTO
BERITA FOTO

03 Juni 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

 Kaltim Perlu Tenaga Akuntansi
Kaltim Perlu Tenaga Akuntansi

15 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Kaltim Segera Bentuk FKPKK
Kaltim Segera Bentuk FKPKK

09 Juli 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation