Wagub Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

  SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan  kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kini sudah mengontaminasi udara di wilayah Provinsi Kaltim. Dimana dampak buruknya kualitas udara dapat menyebabkan infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa).

Hadi Mulyadi mengungkapkan kabut asap yang melanda wilayah Kaltim kabarnya  merupakan asap kiriman Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimanatan Barat. Kejadian ini merupakan musibah alam yang tidak bisa dihindari.

"Kita imbau masyarakat kurangi beraktivitas di luar rumah. Kalaupun itu dilakukan maka harus menggunakan masker agar bisa terhidar dari ISPA maupun bahaya penyakit lainnya," kata Hadi Mulyadi usai menghadiri pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim, Senin (16/09/2019). 

Selain  masyarakat, Hadi juga meminta kepada pelajar untuk menggunakan masker selama bersekolah guna menghadapi kabut asap yang terjadi selama beberapa hari terakhir.

" Mari kita menjaga kesehatan dengan menggunakan masker. Karena kabut asap saat ini  sudah melanda beberapa wilayah Kaltim," pesan Hadi Mulyadi. 

Wagub Hadi juga meminta Dinas Perhubungan agar terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kabut asap serta melakukan antisipatif. Baginya jangan sampai membuka bandara  di tengah kabut asap yang akhirnya bisa menimbulkan bahaya bagi penerbangan.

"Kabut asap yang merupakan proses alam yang belum  bisa ditanggulangi. Maka menutup sementara Bandara bagian dari upaya kita menjaga keselamatan penerbangan dan itu perlu kesabaran," ungkap Hadi Mulyadi.(mar/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait