Wagub Imbau Sekolah Harus Miliki Fasilitas Olahraga

dok.humaskaltim

SAMARINDA - Wakil Gubernur  Kaltim  H Hadi Mulyadi  mengegaskan salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama setiap pengelola pendidikan adalah fasilitas pendidikan. Termasuk fasilitas dan sarana olahraga harus dimiliki setiap  jenjang  sekolah.

Menurut Hadi Mulyadi, tidak ada anak yang bodoh tetapi setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing dengan bidang yang berbeda. Seperti teori Howard Gardner  ada delapan tipe kecerdasan anak, yaitu  kecerdasan linguistik, kecerdasan logika atau matematis, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan spasial, kecerdasan kinetik, dan kecerdasan naturalis.

“Dukunglah anak sesuai jenis kecerdasannya, orang tua jangan memaksakan kehendaknya. Karena adanya minat, bisa membangun kompetensi anak kemudian hari. Sebaiknya orang tua maupun  sekolah harus mendukung setiap  kecerdasan yang dimiliki anak atau siswanya. Baik bidang akademik maupun bidang olahraga. Karenanya setiap sekolah harus memiliki sarana dan fasilitas olehraga maupun bidang lainnya,” kata Hadi Mulyadi, saat melepas PS Panajam Utama  U-15 dan U-17di Ruang  Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (4/2/2020)  

Memang  diakui dari teori Howard Gardner tersebut ada delapan tipe  kecerdasan dan dipastikan salah satunya dimiliki anak. Oleh karena itu kecerdasan yang dimiliki setiap anak harus  didukung orang  tua maupun sekolah dengan mempersiapkan fasilitas cabang olaharaga.   

“Anak seharusnya didukung sesuai minatnya. Orang tua harus mendukung kecerdasan yang dimiliki anaknya,” tandas Hadi Mulyadi(mar/her/yans/humasprov kaltim) 

Berita Terkait