Wagub: Jaga Kebersamaan dan Jangan Mudah Emosi

Kloter Pertama Embarkasi Haji Balikpapan Diberangkatkan

 

BALIKPAPAN–Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP melepas 355 jamaah calon haji asal Kaltim yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Haji Batakan, di Balikpapan, Kamis (4/9).

Wagub Mukmin Faisyal berpesan kepada jamaah calon haji agar dapat menjaga nama baik bangsa Indonesia, dengan patuh aturan setempat, menghindari perbuatan negatif dan bersabar saat menemui masalah atau cobaan.

“Di sana harus terus memelihara kekompakan, kebersamaan dan harus mampu menekan perasaan emosional masing-masing jamaah calon haji. Karena di sana kita diuji oleh Allah SWT terutama pada saat di perjalanan, baik itu pada saat naik mobil, antri saat mendapatkan kamar atau lainnya. Itu semua merupakan ujian. Jagalah emosional agar bisa melaksanakan ibadah dengan baik,” pesan Mukmin.

Selain itu, terkait dengan isu adanya penyebaran virus Mers dan Ebola di wilayah Timur Tengah termasuk di Arab Saudi sebagai lokasi tempat menunaikan ibadah haji, Mukmin meminta kepada jamaah calon haji agar tidak perlu khawatir akan isu-isu tersebut.

Menurut dia, isu tersebut memang beredar belakangan ini, namun ketika melaksanakan ibadah umroh baru-baru ini, dirinya tidak melihat dan merasakan kekhawatiran para jamaah di Jeddah, Mekkah dan Madinah terkait isu tersebut.

“Jadi tidak usah terlalu panik melihat kondisi tersebut. Menurut saya, masing-masing jamaah calon haji bisa menjaga kesehatannya. Cukup gunakan masker ketika melaksanakan aktivitas ibadah di sana. Dan ikuti petunjuk dan aturan dari petugas kesehatan yang ikut serta dalam ibadah haji ini,” urainya.

Tidak lupa, Mukmin mengajak seluruh jamaah calon haji agar dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan ikhlas dengan niat semata-mata hanya karena Allah SWT. Sehingga sepulangnya dari ibadah haji, dapat menjadi haji yang mabrur.

“Semoga kita semua selamat mulai dari perjalanan meninggalkan tanah air, saat melaksanakan ibadah dan sekembalinya ke tanah air hingga berkumpul bersama keluarga di rumah seperti sediakala,” harapnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kementerian Agama Kaltim H Saifi melaporkan jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Balikpapan totalnya berjumlah 4.280 orang, yang terdiri dari jamaah calon haji asal Kaltim dan Kaltara sebanyak 2.252 orang, Sulawesi Tengah 1.407 orang dan Sulawesi Utara 561 orang. Mereka akan terbagi dalam 12 kloter.

“Jarak pemondokan jamaah calon haji asal Kaltim berkisar dua hingga 2,5 kilometer dari Masjidil Haram, karenanya kondisi fisik harus dijaga untuk keperluan pulang pergi dari pemondokan ke masjid,” pesannya.

Diketahui, keberangkatan setiap kloter akan didampingi lima orang petugas haji dari Tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kaltim, yakni satu dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu dari Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). Secara keseluruhan berjumlah 60 orang untuk 12 kloter.

Pada kesempatan itu, Wagub Mukmin Faisyal didampingi Anggota Komisi VIII DPR RI, Ketua DRPD Kaltim HM Syahrun, Kakanwil Kementerian Agama Kaltim H Saifi, Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has, Asisten Kesra Setprov Kaltim Bere Ali dan Kepala Biro Sosial Syafrian Hasani. (her/sul/hmsprov)

 

Foto : Wagub Mukmin Faisyal HP menyampirkan selembar kain kepada petugas haji saat meresmikan keberangkatan calon jemaah haji kloter pertama  di Asrama Haji Batakan, Balikpapan. Wagub juga menyapa ramah calon jamaah haji yang berusia sepuh yang berangkat dengan menggunakan kursi roda.  (fajar/humasprov)

 

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation