Wagub: Jaga Kebersamaan Tingkatan Persatuan dan Kesatuan

Pelantikan FPK Kaltim


SAMARINDA– Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kaltim diharapkan menjadi bagian dari simpul kebersamaan yang selama ini telah terjaga dengan baik, serta menjadi bagian dari budaya bangsa dan mampu menciptakan kehidupan yang nyaman dan tenteram serta damai.
"Kebersamaan ini harus terus kita tumbuh kembangkan, sebagai modal membangun  kebersamaan diantara kita, serta untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan demi tegaknya NKRI," kata Wagub H Farid Wadjdy usai melantik pengurus FPK Kaltim di ruang Bina Bangsa Kesbangpol Kaltim,Selasa (30/4).
Farid mengungkapkan dengan kondisi saat ini, tentunya rasa kebersamaan dan gotong royong telah ditunjukan para pendahulu bangsa dapat menjadi modal dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Karena itu, para generasi muda diharapkan mampu meneladani dan meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa.
“Untuk itu, masyarakat Indonesia khususnya generasi muda sebagai pewaris cita-cita perjuangan bangsa dan sebagai sumber penerus insan pembangunan nasional sangat perlu diberi pemahaman berkehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.
Sementara, terkait menguatnya semangat kedaerahan akibat primordialisme dan fanatisme yang sempit mengalahkan rasa kebersamaan dan persatuan, tentunya sangat berbahaya karena Indonesia negara multi etnis terdiri suku bangsa termasuk warga keturunan.
“Demikian juga Kaltim yang masyarakatnya hetrogen sehingga bisa dikatakan miniatur NKRI, tentunya kondisi ini diperlukan pembauran sesama warga negara sehingga tercipta warga yang kokoh dan tidak tercerai berai dan utuh pada bingkai NKRI,” jelasnya.
Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kaltim H Sayid Alwi AS mengatakan, forum ini beranggotakan berbagai suku dan etnis di Kaltim. Dia berharap seluruh pengurus dapat bekerja sama dengan baik. Sebab, tanpa adanya kerjasama sesama pengurus, sebagai organisasi yang baru dikukuhkan, FPK tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.
"Hendaknya pengurus bisa bekerjasama dengan baik, guna berjalannya organisasi ini mengingat Forum Pembauran ini sangat penting dengan tujuan mengokohkan persatuan dan kesatuan  bangsa," katanya.
Lebih lanjut, dia mengatakan, dengan wadah Forum Pembaruan Kebangsaan ini berfungsi menyerap aspirasi seluruh etnis di Kaltim.
"Forum Kebangsaan ini juga turut menjaga Kaltim tetap kondusif serta hidup tentram satu sama lainnya,:" ujarnya.
Sedangkan program kerja kedepan, menyerap aspirasi seluruh elemen masyarakat dan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dan jangan sampai terjadi egoisme kesukuan. Usai pelantikan FPK juga dilanjutkan dialog wawasan kebangsaan yang menghadirkan tokoh-tokoh Kaltim. (sar/hmsprov).

////Foto : Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy menyerahkan berita acara pelantikan kepada Ketua FPK H Sayid Alwi AS.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation