Wagub: Jangan Bangga dengan Banyak Temuan

Wagub Hadiri Rakorwasdanas 2014

JAKARTA – Ada tiga hal utama dalam peningkatan kualitas pengawasan internal pemerintah yaitu sumber daya manusia (SDM) pengawas internal yang harus kompeten dalam bidang pengawasan dan SDM pengawas internal harus lebih pandai dari yang diawasi. Terakhir, peran pengawas internal jangan hanya bangga dengan banyaknya temuan tetapi harus bisa memberikan peringatan dini terhadap adanya permasalahan.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Tingkat Nasional (Rakorwasdanas) 2014 yang dipimpin Wakil Presiden HM Jusuf Kalla di Gedung Sasana Bhakti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (9/12).

“Sesuai arahan Wapres, tiga hal tersebut sangat penting dan menjadi perhatian utama kita di daerah. Pengawasan internal di lingkungan kita harus terus ditingkatkan guna mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya terkait dengan pengelolaan keuangan negara untuk program-program pembangunan,” kata Mukmin.

Mukmin menjelaskan, sesuai dengan konsepsi kebijakan pengawasan (jakwas) pemerintah daerah yang merupakan acuan, sasaran dan prioritas pengawasan dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah, maka perlu ada sinergitas dan peningkatan penjaminan mutu.

“Inspektorat Jenderal (Itjen), Inspektorat Wilayah (Itwil) baik provinsi maupun kabupaten/kota bersama dengan Kemendagri berperan penting dalam upaya penyinergian dan peningkatan penjaminan mutu program pengawasan internal, baik untuk pengawasan umum maupun pengawasan teknis di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah,” jelasnya.

Mukmin meminta kepada jajaran Itwil Kaltim dan instansi terkait lainnya agar dapat terus meningkatkan kapasitasnya sebagai pengawas internal di lingkungan Pemprov Kaltim. Terutama dalam menjalankan arah kebijakan pemerintah pusat melalui Kabinet Kerja, yang salah satunya adalah membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya. (her/sul/es/hmsprov).

 

////FOTO : Wakil Gubernur Kaltim, H Mukmin Faisyal bersama Sekprov Kaltara Badrun saat mnghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Tingkat Nasional (Rakorwasdanas) 2014.(ist)

 

Berita Terkait
Government Public Relation