Wagub : Kaltim Lumbung Sapi Nasional

Wagub buka Rakontekda Keswan. (adi suseno/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Kaltim memiliki keunggulan wilayah yang besar didukung luasan lahan potensial. Maka, tidak diragukan lagi bahwa Benua Etam bisa menjadi salah satu lumbung sapi nasional. Keyakinan itu diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi usai membuka Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah (Rakontekda) Pembangunan Peternakan 2019.

Menurut dia, saat ini pemerintah terus mendorong pengembangan kegiatan peternakan melalui program integrasi. "Integrasi sapi di lahan perkebunan kelapa sawit dan lahan eks tambang batu bara terus dikembangkan," katanya di Ballroom Hotel Selyca Mulia, Rabu (27/2/2019).

Whats-App-Image-2019-02-27-at-18-10-30-1

Karenanya, peran penting pihak swasta baik pemilik kebun maupun lahan eks tambang sangat besar. Selain itu, pembangunan 1.000 miniranch sapi potong yang dimulai tahun ini akan terus dibangun di sentra-sentra peternakan.

"Seluruh kabupaten dan kota potensial untuk program ini. Kita ingin swasta lebih berperan," harap Hadi.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan H Dadang Sudarya mengemukakan populasi sapi potong meningkat naik 12,18 persen dari 123.292 ekor. "Peningkatan populasi ternak sapi dilakukan dengan pola pengembangan kawasan usaha peternakan," ujarnya.

Whats-App-Image-2019-02-27-at-10-38-29

Whats-App-Image-2019-02-27-at-18-10-29

Rakontekda digelar 26-28 Februari diikuti 170 peserta terdiri OPD lingkup Pemprov Kaltim dan instansi yang membidangi fungsi peternakan kabupaten dan kota se-Kaltim. Termasuk pengusaha bidang peternakan dan kesehatan hewan, breeding farm, asosiasi peternak dan organisasi profesi PDHI dan ISPI serta perbankan.

Rakontekda menghadirkan narasumber Ketua Satgas Pangan Polda Kaltim, Ketua Jurusan Fakultas Pertanian Unmul dan Lembaga Visioner Kaltim.

Kegiatan dirangkai penandatanganan kesepakatan bersama pembangunan peternakan Kaltim antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim dengan kabupaten dan kota se-Kaltim. Dilanjutkan kunjungan lapangan eks lahan batu bara di Jonggon Kutai Kartanegara bersama Direktur Pakan Ditjen Peternakan dan Keswan Kementan. (yans/sul/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation