Wagub Kaltim Terkesan Atraksi Pesawat Udara

Peringatan HUT TNI ke-69

SURABAYA - Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-69 yang berlangsung di Dermaga Ujung Markas Komando Armada Timur, Surabaya,  Selasa, (7/10). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai inspektur upacara HUT TNI yang diwarnai dengan berbagai atraksi militer.

Dalam kesempatan itu, Mukmin mengaku terkesan dan kagum dengan kekuatan TNI saat ini, hal itu tergambar dari berbagai trakasi yang yang dilakukan personil TNI dari berbagai kesatuan.

Dia bangga dengan kekuatan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) yang dimiliki jajaran TNI yang kian modern dan maju, seiring dengan pelaksanaan pemerintahan Presiden SBY dalam 10 tahun terakhir.

“Sebagai warga negara saya bangga dengan berbagai atraksi yang ditampilkan prajurit TNI tadi, sungguh luar biasa. Dirgahayu TNI,” kata Wagub.

Kendati demikain, Dia berpendapat kemanunggalan TNI dengan rakyat jauh lebih penting dan harus selalu dipertahankan sebagai landasan kuat menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

“Jika rakyat mencintai TNI,  pasti TNI menjadi lebih kuat dan solid, sehingga menjadi sebuah kekuatan yang sulit untuk dipatahkan siapapun dan pihak manapun” katanya.

Peringatan HUT TNI ke-69 yang dipusatkan di Surabaya, berlangsung meriah dan spektakuler. Tercatat tidak kurang 250 pesawat terbang militer dari TNI AL, TNI AU, dan TNI AD melakukan atraksi udara, berupa terbang lintas, termasuk penampilan Tim Akrobatik Pesawat Jupiter TNI. Selain itu ditampilkan sejumlah Alutsista TNI baik dari matra laut, darat dan udara.

Sementara itu, Presiden SBY dalam amanatnya mengatakan, dalam sepuluh tahun kepemimpinannya, reformasi dilakukan di tubuh TNI, sehingga sekarang kemampuan dan profesionalisme TNI semakin tinggi yang ditunjang dengan Alutsista yang semakin lengkap dan modern. Hal itu membuat kemampuan TNI dalam menjaga dan mempertahankan setiap jengkal wilayah NKRI dapat diemban lebih baik.

“Selama sepuluh tahun terakhir ini pembangunan kekuatan dan modernisasi Alutsista dapat kita laksanakan dengan baik, ” kata SBY.

Menurut dia, sejak 2006 TNI telah meningkatkan peran industri nasional guna memenuhi kebutuhan Alutsista  termasuk melakukan kerjasama dengan negara sahabat. Alutsista yang modern dan lengkap tidak hanya berdampak pada kokohnya kekuatan militer tetapi juga pada peningkatan martabat dan kemandirian bangsa.

Kekuatan TNI tidak hanya untuk menjaga kedaulatan negara, tetapi juga harus mampu menghadapi ancaman lain semisal bencana alam, bajak laut, teroris hingga penyelundupan manusia.

Pada kesempatan itu, SBY menyampaikan terima kasih kepada TNI atas peran dan kontribusi dalam menuntaskan proses panjang reformasi TNI. Sejarah mencatat, TNI sudah kembali pada fungsi dan tugas pertahanan negara .

“Netralitas TNI pada Pemilu tahun 2014 baik Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) menjadi bukti keberhasilan pelaksanaan reformasi TNI,” kata Presiden.

Dia juga berpesan kepada prajurit TNI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kemampuan. Selain itu jajaran TNI harus selalu menjaga kekompakan serta memelihara kemanunggalan dengan rakyat.

“Pegang teguh amanat Sapta Marga dan jaga kedaulatan negara demi kehormatan bangsa,” tegasnya.(gie/es/hmsprov).

///FOTO : Wagub Kaltim H Mukmin Faisyal yang di dampingi Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov. Kaltim Hj. Ismiati Berbincang dengan Koordinator Staf Ahli Panglima TNI, Mayjend (TNI) Wisnu Bawa Tenaya yang juga mantan Kasdam VI Mulawarman.(soegi/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation