Wagub : Kesehatan Masyarakat Harus Meningkat

Wagub Hadi Mulyadi memimpin apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di halaman Kantor Gubernur. (seno/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan  secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa untuk membangun kesadaran  meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan.

Penegasan itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 Tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (12/11/2018).

Hadi Mulyadi  mengatakan pelaksaan Germas harus dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, tatanan masyarakat dan akhirnya seluruh komponen bangsa, sehingga perilaku hidup sehat masyarakat semakin meningkat. 

"Melalui peringatan HKN ke-54 tahun 2018, kita harapkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kaltim terus meningkat dan untuk mencapai itu tentu perlu sinkronisasi. Sinergitas seluruh pemangku kepentingan, seluruh lapisan masyarakat dan itu harus dilakukan mulai dari diri sendiri, keluraga dan masyarakat untuk mewujudkan hidup yang sehat," papar Hadi Mulyadi.   

Hadi Mulyadi mengatakan yang terpenting  dalam mewujudkan  pola hidup sehat adalah melakukan antisipasi terhadap pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, narkoba, perilaku seks bebas yang rentan terhadap penyakit harus dihindari, termasuk selalu membersihkan lingkungan masing-masing.  

"Perilaku hidup sehat di masyarakat kita masih perlu ditingkatkan. Melalui sinergitas yang dilakukan jajaran kesehatan mulai level pusat, provinsi, kabupaten, sampai puskesmas telah bekerja maksimal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran guna meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," terang Hadi Mulyadi. 

Dalam peringatan HKN ke-54 tahun 2018, Wagub Hadi Mulyadi juga berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba bidang kesehatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Hadir pada acara tersebut Asisten Bidang Perekonomian  dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah Asisten Administrasi Umum Bere Ali, kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, para camat dan lurah berprestasi, mahasiswa dan undangan lainnya. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation