Wagub: Kontraktor Tanggungjawab Dunia Akhirat

Rehabilitasi Masjid Jami’ Al Ma’ruf Samarinda

 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim mewujudkan komitmen dalam memberikan bantuan untuk pembangunan tempat ibadah keagamaan. Salah satu  bantuan diantaranya diberikan untuk rehabilitasi bangunan Masjid Jami’ Al Ma’ruf Samarinda yang sudah berusia 36 tahun dan kerap dilanda banjir.

“Bantuan Pemprov ini menggunakan anggaran daerah. Karenanya, kontraktor harus bertanggungjawab dunia akhirat dan jangan sampai molor pengerjaannya,” ujar Wakil Gubernur H Farid Wadjdy pada selamatan pembongkaran/pembangunan Masjid Al Ma’ruf Samarinda, Sabtu (15/6).

Sebab lanjutnya, sering terjadi apabila pembangunan tempat ibadah semacam masjid maka pengerjaan hingga penyelesainnya selalu mengalami keterlambatan. Padahal, masjid sudah jelas menyangkut hajat orang banyak terlebih untuk kegiatan beribadah umat.

Kondisi ini menurut Wagub, membuat kesulitan pemerintah selaku pemilik kegiatan, terutama saat dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat Wilayah Provinsi (Itwilprov). Temuan masalah biasanya diketahui akibat waktu pengerjaan.

“Saya harap agar kontraktor benar-benar bertanggungjawab dan konsultan pengawas bekerja secara optimal melakukan fungsinya agar tempo pengerjaan tepat waktu dan hasilnya berkualitas sesuai yang ditargetkan,” harap Farid.

Selain itu, dia menyarankan segi arsitektur (bentuk bangunan dan pewarnaan) hendaknya dikonsultasikan secara jelas agar masjid tampak indah baik siang maupun malam. Yayasan dan pengurus masjid juga disarankan untuk merencanakan berbagai kegiatan guna kemakmuran masjid.

Sementara itu Dewan Pembina Masjid Jami’ Al Ma’ruf Samarinda KH Said Alwi mengemukakan sejak dibangunnya masjid secara permanen pada 1976 baru sekali dilakukan renovasi pada tahun 1992.

“Panitia bersama yayasan dan pengurus masjid telah menyiapkan lahan pembangunan dan pengembangan mencapai 6.000 meter persegi. Walaupun dana pembangunan sudah tercukupi namun kami tetap membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menyumbang maupun berinfaq guna mendukung pembangunan masjid,” ujar Said Alwi.

Rehabilitasi Masjid Jami’Al Ma’ruf ini, akan dibangun tiga lantai dengan kapasitas 1.000 orang, tempat wudhu dan TK/TPA.  Ditargetkan pada Desember 2013 pekerjaan renovasi ini rampung.

Sedangkan  fasilitas/sarana dan prasarana pendukung lainnya diantaranya taman/pagar, tempat parkir, rumah kaum dan tambahan listrik dianggarkan dalam APBD Perubahan 2013 atau APBD murni 2014. Proyek dikerjakan PT Pembangunan Perumahan, konsultan PT Widyacona KSO PT Archeas dan pengawas PT Geosilva. (yans/hmsprov)

Foto : Wagub Farid Wadjdy bersama mantan Wagub Haidir Hafidz saat selamatan pembongkaran/pembangunan Masjid Jami’ Al Ma’ruf Samarinda. (masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation