Wagub: Kualitas Pendidikan Sudah Merata

Pembukaan Olimpiade Sains SMP dan SMA

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Farid Wadjdy menyatakan kualitas pendidikan di Kaltim sudah merata. Terbukti, siswa dari Kutai Barat berhasil meraih juara satu nasional pada Olimpiade Sains Metematika. Demikian juga siswa dari  SMAN 4 Berau berhasil meraih juara III tingkat ASEAN pada lomba astronomi kebumian.
Menurut dia, apa yang telah dicapai anak didik asal Kaltim harus dipertahankan. Bahkan harus ditingkatkan. Melalui Olimpiade Sains tingkat SMP dan SMA 2013 se Kaltim dapat melahirkan siswa dan siswi yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.
“Karena itu, saya berharap melalui olimpiade tersebut dapat melahirkan putra-putri asal Kaltim yang mampu membawa nama baik daerah dan negara di kemudian hari,” kata Farid Wadjdy usai membuka Olimpiade Aains Tingkat SMP dan SMA 2013 se Kaltim  di Gedung Olahraga Bulutangkis Stadion Madya Sempaja Samarinda, Minggu malam (17/11).
Semua pihak terkait, diharapkan mendukung dan memberi perhatian lebih terhadap kemajuan pendidikan di Kaltim, terutama dalam kegiatan olimpiade sains di Kaltim yang digelar 2013.
“Dengan dukungan yang dilakukan Pemprov Kaltim, Alhamdulillah pendidikan di Kaltim sudah mulai merata. Terbukti juara olimpiade di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional sudah menyebar hingga di Kabupaten Kutai Barat hingga Berau. Jadi bukan hanya di Kota Samarinda atau Balikpapan saja,” jelasnya.
Saat ini, upaya pemerataan program pendidikan di Kaltim sudah dilakukan, yakni bukan hanya di Ibukota Provinsi saja, tetapi juga sudah sampai di kabupaten. Meski begitu, semua itu tidak bisa terwujud dengan baik, tanpa bantuan dan dukungan semua pihak.
 Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menyatakan olimpiade tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan pengetahuan peserta didik di Kaltim yang akan mewakili daerah pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional pada 2014.
“Kami berharap melalui olimpiade ini, Kaltim mampu mempersiapkan diri sedini mungkin, sebelum masuk pada ajang nasional. Pembinaan dan evaluasi perlu terus dilakukan, sehingga bisa bersaing di tingkat nasional,” jelasnya.
Guna memberikan dukungan serta semangat bagi guru, terutama yang memiliki siswa dan siswa yang berhasil meraih juara I atau meraih medali emas tingkat nasional, akan menerima bantuan uang pembinaan dari Pemprov Kaltim Rp25 juta.
Melalui bantuan tersebut, diharapkan Kaltim bisa menciptakan peserta didik yang berkualitas skala nasional maupun internasional, sekaligus pemerataan pendidikan di daerah ini.(jay/hmsprov)

//FOTO : Wagub Kaltim H Farid Wadjdy bersama sejumlah peserta olimpiade sains tingkat SMP dan SMA 2013 se Kaltim. (fadjar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation