Wagub Launching Klinik PPRG

Foto : Adi Suseno

SAMARINDA - Mendukung Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional khususnya di Kaltim, Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi melaunching Klinik Perencanaan Penganggaran Reponsif Gender (PPRG) atau aplikasi Klik Peran Si Gen bersama Kepala DKP3A Kaltim Hj Halda Arsyad, di Kantor DKP3A Kaltim Jalan Dewi Sartika Samarinda, Jumat (6/3/2020).

.

Wagub Hadi berharap melalui aplikasi Klik Peran Si Gen dapat didukung seluruh Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Kaltim termasuk pemerintah kabupaten dan kota.

.

"Kita minta setiap OPD dalam perencanaan penganggaran di masing-masing instansi bisa memperhatikan aspek gender. Sehingga tidak ada yang didominasi baik perempuan dan laki-laki. Dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas diri mereka," kata Hadi Mulyadi usai mengisi tausyiah dan launching PPRG di Kantor DKP3A Kaltim.

.

Melalui program itu, Pemprov Kaltim berkomitmen tidak ada ketimpangan atau perbedaan baik laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan karir masing-masing pegawai di Pemerintah Provinsi Kaltim.

.

Artinya, siapa saja berhak berkarya, berprestasi membangun daerah ini maupun bangsa.

.

"Selanjutnya jajaran DKP3A Kaltim bisa monitor dan melaporkan OPD mana yang telah melaksanakan aplikasi tersebut," jelasnya.

.

Sementara Kepala DKP3A Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan, penerapan anggaran responsif gender menjawab permasalahan kesenjangan gender yang ada.

.

Salah satu alat analisis gender adalah Gender Analysis Pathway (GAP) atau Alur Kerja Analisis Gender. Pola ini dirancang untuk membantu para perencana melakukan analisis gender dalam rangka integrasi pengarusutamaan gender ke dalam perencanaan kebijakan/program/kegiatan pembangunan. 

.

"Dengan menggunakan GAP, para perencana dapat mengidentifikasi kesenjangan gender dan permasalahan gender serta sekaligus menyusun kebijakan/program/kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk memperkecil atau menghapus kesenjangan gender tersebut," jelasnya.

.

Kehadiran Klik Peran Si Gen dalam implementasi PPRG menjadi wadah memberikan masukan dan saran seputar perencanaan yang responsif gender dalam program dan kegiatan di daerah atau Review GAP dan GBS Perangkat Daerah Kaltim.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation