Wagub Lepas 69 Mahasiswa ITK Angkatan Ketiga

Akhir 2014 Klaster Pertama Kampus ITK Selesai Dibangun

 

SAMARINDA–Sebanyak 69 calon mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang telah lulus seleksi lewat program Beasiswa Kaltim Cemerlang secara resmi dilepas oleh Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal untuk menjalani masa perkuliahan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pada Senin (4/8).

Wagub Mukmin Faisyal mengatakan meskipun menjalani masa perkuliahan sementara yang dititipkan di kampus ITS Surabaya, namun mahasiswa ITK jangan pernah berkecil hati dan teruslah belajar sebaik-baiknya, sehingga bisa mendapatkan prestasi akademik.

“Meskipun belum memiliki kampus sendiri, namun itu bukan suatu halangan. Mahasiswa ITK harus mampu beprestasi, terlebih ITS dengan dosen dan fasilitasnya merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Jika berhasil meraih prestasi di sana tentu akan membanggakan Kaltim,” kata Mukmin, pada apel pagi di halaman Kantor Gubernur Kaltim.

Mukmin menjelaskan sampai saat ini, status mahasiswa ITK memang dititipkan untuk kuliah di ITS sambil menunggu proses pembangunan Kampus ITK yang lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta Kilometer 13 (Jalan Sungai Wain), Kelurahan Karang Joang, Balikpapan. Kampus ITK akan dibangun diatas lahan seluas 310 hektare. Proses pembebasan lahan dan sertifikasi secara bertahap telah dilakukan berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Optimislah pembangunan Kampus ITK ini dapat segera diselesaikan, sehingga mahasiswa kita yang ada di Surabaya dapat menjalani masa perkuliahan di Balikpapan,” ucapnya.

Diketahui, dalam lingkungan kampus akan tersedia sejumlah area, seperti area auditorium utama, area komersial, fasilitas olahraga, area peribadatan, klaster asrama mahasiswa, klaster perumahan dosen dan staf.

Sedangkan saat ini untuk pembangunan tahap pertama meliputi pembangunan gedung empat lantai. Untuk lantai satu meliputi hall utama dan kantin seluas 750 meter persegi, lantai dua terdapat ruang kelas seluas 1.250 meter persegi dan lantai tiga hingga empat terdapat ruang kelas dengan luas yang sama.

Kemudian sedang dibangun sirkulasi toilet dan ruang utilitas seluas 1.000 meter persegi, 20 kelas berkapasitas 80 mahasiswa per ruang dan satu ruang stadium general fakultas berkapasitas 200 orang.  Pada akhir 2014 diharapkan gedung ITK sudah berdiri satu klaster. Dan pada saat itu, perkuliahan mahasiswa ITK akan dilaksanakan di kampus ITK di Balikpapan.

Pada Tahun Akademik 2012/2013, ITK telah menerima 100 mahasiswa angkatan pertama untuk lima program studi (prodi) yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Teknik Perkapalan melalui seleksi lokal.

 Pada Tahun Akademik 2013/2014, selain lima prodi terdahulu,  ITK juga membuka lima prodi baru bagi 70 mahasiswa angkatan kedua, yaitu Fisika, Matematika, Teknik Metalurgi dan Material, Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Sistem Informasi melalui seleksi lokal dan nasional. Sehingga, pada Tahun Akademik 2014/2015 ITK memiliki 10 prodi dengan jumlah mahasiswa angkatan ketiga sekitar 69 orang. (her/sul/hmsprov)

 

//Foto; KE SURABAYA. Wagub saat melepas keberangkatan perwakilan mahasiswa ITK. (fajar/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait