Wagub Lepas Jalan Santai FKUB

 

Mukmin: Kerukukan Umat Beragama Perkokoh Kesatuan Bangsa

SAMARINDA- Ribuan umat bergama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), ditambah  peserta dari unsure pengurus, pegawai, pelajar dan masyarakat pada umumnya  mengikuti jalan santai FKUB yang dipusatkan di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kaltim Jalan Basuki Rahmad Samarinda, Sabtu (4/2).

Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai melepas jalan santai mengatakan momentum jalan santai tersebut diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia khususnya Kaltim. Karena melalui kerukunan umat beragama pemerintah mampu menciptakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang baik.

“Pemerintahan dan pembangunan bisa dilakukan jika semua itu bisa terlaksana dengan baik. Artinya, kerukunan umat beragama dinilai mampu menyatukan kebersamaan masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan rakyat,” kata Mukmin Faisyal didampingi Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Kepala Kanwil Kemenag Kaltim M Saifi dan Ketua FKUB Kaltim Asmuni Ali.

Mukmin mengatakan, Kaltim dinilai aman karena kerukunan umat beragama sudah sangat baik. Karena itu, untuk menciptakan keamanan daerah, maka kerukunan umat beragama diharapkan dapat dipertahankan.

Kaltim memiliki berbagai forum kerukunan, salah satunya FKUB. Diharapkan, melalui program yang dilaksanakan FKUB, terutama jalan santai mampu menciptakan masyarakat yang sejahtera di masa akan datang.

“Kita harapkan kerukunan umat beragama di Kaltim terus dipertahankan. Meski Kaltim dinilai aman, tetapi kerukunan tetap menjadi kunci utama mewujudkan masyarakat yang sejahtera di masa akan datang,” jelasnya.

Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengatakan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar. Khususnya Kaltim merupakan wilayah yang luas dan dinilai sangat aman. Meski aman, diharapkan daerah ini dapat terus dijaga dengan baik.

“Ini semua tentu perlu dukungan dari berbagai pihak, mulai majelis agama hingga forum-forum kerukunan umat beragama serta paguyuban yang ada di daerah ini. Karena itu, semua wajib menjaga toleransi umat beragama. Artinya, semua harus saling menjaga satu dan yang lain,” jelas Rusmadi.

Menurut Rusmadi, jalan santai ini menunjukkan adanya kebersamaan umat di .Kaltim, baik muslim maupun non muslim. “Suasana ini harus terus dipertahankan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada pimpinan FKUB se Kaltim dari FKUB Kaltim diserahkan oleh Sekprov Kaltim Rusmadi tentang komitmen seluruh forum menciptakan kerukunan yang kondusif di daerah masing-masing serta pembagian doorprize ke peserta jalan santai (jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation