Wagub Lepas Kontingen Peparnas XV Kaltim


 

Mukmin : Jaga Persaudaraan dan Berjuang Prima

SAMARINDA – Secara simbolis Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim melepas kontingen National Paralimpic Committee (NPC) yang akan berlaga di ajang Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XV Tahun 2016.

Even nasional akan digelar 15-24 Oktober 2016 di Bandung, Jawa Barat diikuti kontingen Kaltim sebanyak 322 orang terdiri 213 atlet dan 109 official.

Dalam pelepasan itu, Wagub Mukmin Faisyal mengharapkan para atlet dan official harus menjaga kekompakkan, kebersamaan dan menjunjung tinggi persaudaraan serta sportivitas.

“Persiapan yang lama melalui pelatihan dan kerja keras tentunya memberikan prestasi di ajang olahraga nasional ini sangat diharapkan demi membawa harum nama Kaltim. Bertanding penuh semangat. Jaga kekompakkan dan persaudaraan serta junjung sportivitas,” kata Mukmin Faisyal di Ruang Rapat Wagub Kaltim, Selasa (11/10).  

Menurut dia, olahraga kaum disabilitas kini turut mengharumkan prestasi olahraga di daerah dan Pemprov sangat mengapresiasi perjuangan para atlet paralimpic menjadi titik kejayaan olahraga disabilitas Kaltim.

Selain itu, Mukmin meminta seluruh official dan pendamping harus dengan kesabaran dan kesungguhan sehingga para atlet dapat berjuang secara maksimal dan berprestasi.

 Sementara itu Ketua Kontingen NPC Kaltim Hj Encik Widyani mengatakan Peparnas XV 2016 Jawa Barat mempertandingkan 13 cabang olahraga dan Kaltim mengikuti seluruh cabor yang dilombakan.

“Atlet kita yang berlaga di ajang nasional ini terbagi dalam empat difabel (kecacatan) sesuai kualifikasi peserta dinilai dari empat kecacatan yakni tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan tuna daksa,” ujar Encik Widyani.

Dia menambahkan Peparnas XIV pada 2012 lalu kontingen NPC Kaltim mampu menduduki posisi sepuluh besar atau peringkat tujuh nasional dan tahun ini ditarget masuk lima besar menyusul prestasi atlet PON Kaltim.

Disebutkan Peparnas tahun ini diikuti 2.355 atlet seluruh Indonesia dan ke-13 cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri atletik, angkat berat, bola voli duduk, catur, tenis lapangan, tenis meja, sepak bola, bowling, renang, bulu tangkis yudo dan goal ball.

Hadir mendampingi pelepasan kontingen Peparnas XV Kaltim, Ketua Umum NPC Provinsi Kaltim H Prasetianto serta jajaran pengurus NPC. (yans/sul/es/humasprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation