Wagub: Lulusan Uniba Harus Berkontribusi Bagi Daerah

Pemancangan Tiang Pertama Uniba

BALIKPAPAN - Universitas Balikpapan (Uniba) diharapkan dapat menciptakan lulusan yang mampu berkontribusi bagi pembangunan daerah. Baik pembangunan infrastruktur maupun ekonomi masyarakat, dengan menciptakan sumber daya manusia (SDM) andal.
“Saya yakin lulusan Uniba akan mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan pembangunan di daerah ini. Saya berharap lulusan Uniba mampu memberi warna bagi kehidupan masyarakat, sehingga membuka peluang usaha baru yang berdampak pada penciptaan lapangan kerja,” kata Farid Wadjdy saat melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan Gedung Utama Uniba di Balikpapan, Sabtu (30/11).
Dengan fasilitas lebih representatif diharapkan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik yang lain dapat berlangsung lancar dan mendukung peningkatan kualitas SDM lulusan Uniba.  
Menurut dia, pendirian universitas ini sejalan dengan visi dan misi Pemprov Kaltim untuk mencerdaskan masyarakat melalui berbagai program bidang pendidikan tinggi.   
”Jika melihat sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kaltim, perlu dukungan SDM andal untuk mengelola, sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi rakyat, baik untuk masa kini maupun masa datang," jelasnya.
Guna mendukung percepatan pengembangan kualitas SDM, Pemprov Kaltim melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan dengan mengimplementasikan tiga program unggulan, yakni program cerdas, program merata dan program cemerlang.
Program cerdas, dimaksud agar Kaltim menciptakan SDM yang berakhlak mulia, cerdas, terampil dan berdaya saing tinggi. Program merata dimaksud agar Kaltim menciptakan pendidikan yang berkeadilan, berpihak kepada rakyat kecil, merata bagi seluruh masyarakat dan mensejahterakan tenaga kependidikan.      
Program prestasi gemilang dimaksud agar Kaltim bisa menghasilkan prestasi gemilang yang mampu menjawab tantangan masa depan, sesuai dengan keperluan daerah.
Sementara itu, Rektor Uniba Dr H Suhartono mengatakan saat ini Uniba memiliki 6.000 mahasiswa dari tujuh fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, FKIP, Hukum, Teknologi Industri, Sastra, Diploma-4 K3 serta Teknik Sipil dan Perencanaan.
”Kami akan terus berusaha membawa Uniba menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional dan menciptakan lulusan yang berkualitas dan mampu mendukung pembangunan daerah,” tegas Suhartono. Hadir pada acara tersebut,  Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kaltim Rendi Susiswo Ismail. (jay/hmsprov)

////FOTO : Wagub Kaltim H Farid Wadjdy (tiga dari kanan) menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pemancangan tiang pertama pembangunan Gedung Utama Universitas Balikpapan. (syaiful anwar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation