Wagub: Masyarakat Ingin Semua Halal

Pameran Produk Halal dan Pencanangan Gemar Halal

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy menyebutkan, seluruh warga di Kaltim sangat berharap produk yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari semua dijamin tingkat kehalalannya. Termasuk dari sisi kesehatan dari produk tersebut.
Karena itu, kesadaran tentang produk halal dari produsen dan konsumen diperlukan, sehingga jaminan kesehatan dan kekhawatiran masyarakat tentang suatu produk, terutama makanan dan minuman dapat diketahui.
“Itu karena masyarakat ingin produk yang dikonsumsi mereka terjamin kehalalannya. Sebab, saat ini banyak produk makanan yang tidak terjamin kehalalannya. Apalagi ada yang menggunakan campuran borak, sehingga jaminan kesehatan produk tersebut sangat diragukan. Karena itu, kesadaran produk halal diperlukan bagi konsumen dan produsen,” kata Farid Wadjdy usai membuka pameran produk halal dan pencanangan gemar halal 2013 di Gor Segiri Samarinda, Rabu (24/7).
Agar menumbuhkan rasa kesadaran tersebut, Farid mengimbau seluruh produsen makanan untuk mengambil dan membuat serta mendaftar produk yang dimiliki ke Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Kaltim, sehingga terjamin kehalalannya.
Menurut dia, hal itu karena, LP POM MUI Kaltim telah memiliki peralatan yang berkualitas dengan bekerjasama Balai Besar POM Kaltim. “Kami berharap dengan terdaftarnya produk tersebut, maka rasa aman dari konsumen dapat terjamin. Karena itu, diharapkan seluruh produsen makanan dan kosmetik berhak mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan LPPOM MUI Kaltim,” jelasnya.
Selain itu, mengenai Kaltim menjadi provinsi sadar halal se Indonesia, Farid menilai hal itu perlu diapresiasi. Bahkan, diharapkan Perda tentang jaminan produk halal dapat diterbitkan.
Bahkan, Farid berharap di Kaltim akan dibangun satu laboratorium lengkap terkait penjamin mutu produk makanan dan kosmetik, sehingga terjamin kehalalannya.
Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim Dr H Kusasi didampingi Ketua Panitia H Elbadiansyah mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada warga Kaltim, khususnya di Samarinda agar sadar dengan produk halal.
“Ada 40 stand pameran yang mendukung kegiatan ini. Pelaksanaan ini digelar sejak 24 hingga 26 Juli. Mudah-mudahan seluruh masyarakat dapat berkunjung di pameran ini,” jelasnya.(jay/hmsprov).

//Foto: WagubKaltim H Farid Wadjdy menunjukkan produk halal pada pameran produk halal dan pencanangan gemar halal 2013 di Gor Segiri. (jaya/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation