Wagub: Membentuk Kemandirian Masyarakat

Peresmian Sekretariat UPK Program PNPM –MPd

 

PASER – Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Paser, Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP berkesempatan meresmikan tiga Sekretariat Unit Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (UPK-PNPM-MPd) tingkat kecamatan.

Masing-masing Sekretariat UPK-PNPM-MPd Kecamatan Kuaro dan Kecamatan Long Ikis serta Kecamatan Long Kali yang disaksikan Bupati Paser HM Ridwan Suwidi dan Wakil Bupati Mardikansyah serta Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui UPK-PNPM-MPd ini ujar Mukmin Faisyal, sebagai upaya pemerintah untuk membentuk kemandirian desa dengan melibatkan masyarakat di setiap kabupaten didukung dana pemerintah pusat dan kabupaten serta provinsi.

“Keberadaan gedung (sekreatriat UPK) ini sangat penting sebagai sarana sekaligus pusat kegiatan bagi masyarakat yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan dan pengembangan berbagai usaha produktif sesuai potensi dan keunggulan lokal,” kata Mukmin Faisyal di Halaman Kantor Sekretariat UPK Kecamatan Kuaro, Jumat (25/4).

Menurut dia, pelaksanaan PNPM-MPd di setiap daerah khususnya di seluruh kabupaten di wilayah Kaltim termasuk Kaltara sangat seiring dengan program pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat terutama di pedesaan.

Dalam program nasional tersebut meliputi berbagai aspek kegiatan di masyarakat pedesaan. Diantaranya, aspek politik dan pengembangan ekonomi, pemberdayaan aspek sosial budaya

Khususnya aspek pengembangan ekonomi dipahami dalam upaya mendorong tumbuhnya ekonomi desa melalui pengembangan usaha kelompok simpan pinjam dan pendayagunaan potensi sumber daya alam maupun pengembangan teknologi tepat guna (TTG).

Sedangkan pemberdayaan aspek sosial budaya sebagai upaya untuk meningkatkan pemberdayaan sekaligus pelestarian adat tradisi serta meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya peningkatan peran perempuan guna pemenuhan pendidikan dan kesejahteraan.

Diakuinya, ketidakberdayaan masyarakat di pedesaan bersifat multi dimensi sehingga sulit menjadikan warga desa untuk mandiri. Karenanya, pemberdayaan masyarakat perlu diawali dengan pemulihan hak warga untuk bertindak secara otonom melalui berbagai kegiatan.

“Sekretariat UPK-PNPM-MPd ini saya berharap agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya yang ditandai dengan banyaknya kegiatan dan usaha yang dilakukan bagi peningkatan serta kemandirian ekonomi  dan kesejahteraan masyarakat desa,” harap Mukmin Faisyal.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim M Jauhar Effendi menyebutkan pembangunan sekretariat UPK-PNPM-MPd di setiap kecamatan merupakan dana stimulan provinsi Rp300 juta didukung swadaya masyarakat dana surplus dari UPK kecamatan.

“Kita sangat mendukung terhadap kegiatan-kegiatan PNPM-MPd di seluruh kabupaten di Kaltim termasuk Kaltara. Terutama upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Pada 2013 kita dapat dana APBN Rp179 miliar untuk mendukung pengembangan kegiatan PNPM-MPd di Kaltim termasuk Kaltara,” ujar Jauhar Effendi.

Kegiatan-kegiatan yang dikelola UPK-PNPM Mandiri Perdesaan diantaranya Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) serta usaha produktif (industri rumahan), pembangunan sarana dan prasaran umum seperti fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan jalan umum serta jalan tani maupun irigasi.(yans/es/hmsprov)

 

////FOTO : Wagub Mukmin Faisyal didampingi Bupati Paser Ridwan Suwidi menandatanani prasasti pada peresmian gedung Sekretariat UPK PNPM.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation