Wagub Meminta Guru Harus Meningkatkan Kompetensinya

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Wakil Gubernur Provinsi Kaltim H Hadi Mulyadi meminta seluruh guru di Kaltim untuk terus meningkatkan kompetensinya. Diantaranya, mengikuti pelatihan dan penguatan kompetensi, sehingga memenuhi standar profesionalisme dan mampu melahirkan anak didik yang berkualitas.

"Peran guru dari berbagai tingkatan, baik guru TK, SD, SMP maupun SMA dituntut lebih professional agar mampu mendorong peserta didik berdayasaing dalam era pasar bebas. Mau tidak mau Suka atau tidak suka, guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi,” kata Hadi Mulyadi usai membuka District Training Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Kaltim, di Hotel Midtown Samarinda, Jumat (19/7/2019) lalu.

Guru, lanjut Hadi, dituntut menguasai metode mengajar terhadap anak didiknya. Penting agar murid mampu menangkap sekaligus memahami apa yang diajarkan gurunya tersebut.

Menurut Wagub, guru perlu terus mengevaluasi metode mengajar yang mereka terapkan. Terpenting mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan interaktif. Sebab penerapan metode mengajar yang tepat dan pemahaman karakteristik siswa pun tentu sangat diperlukan.

"Guru perlu meningkatkan kompetensi secara terus-menerus seiring perkembangan zaman. Di era digitalisasi saat ini, guru dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan materi pelajaran di kelas," tandasnya.

Selain itu, tambah Hadi, PGRI harus lebih gigih memperjuangkan kebijakan pendidikan dan nasib guru agar semakin baik sebagaimana tertuang dalam perundang undangan.

Wagub Hadi berharap para guru di Kaltim mematuhi kode etik guru dan meningkatkan komitmen serta profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik dan masyarakat. "Seluruh guru, kami apresiasi dan ucapan terimakasih atas dedikasi dan kerja kerasnya yang dipersembahkan bagi kemajuan dunia pendidikan di Kaltim," pesan Hadi Mulyadi. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait