Wagub Minta Kabupaten/Kota Lain Tiru Tarakan

Kota Tarakan Masuk Nominasi MDGs Awards 2012


DENPASAR – Kaltim yang diwakili Kota Tarakan berhasil masuk nominasi untuk dua kategori dalam penganugerahan Indonesia MDG’s Awards 2012. Kedua kategori tersebut adalah kategori akses air bersih dan sanitasi layak serta kategori program kesehatan ibu dan anak. Tarakan berhasil masuk nominasi dari 611 peserta dari seluruh daerah di Indonesia, mampu berada peringkat lima besar.
Demikian disampaikan Wagub Kaltim H Farid Wadjdy didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Prof Dwi Nugroho Hidayanto, usai menyaksikan penyerahan penganugerahan Indonesia MDG Awards 2012 di Denpasar Bali, Selasa (26/3).
“Melalui prestasi ini, Pemprov Kaltim memberikan apresiasi kepada Pemkot Tarakan, karena mampu mewujudkan program MDG’s di daerah dan mampu masuk dalam nominasi dua kategori penghargaan. Yang jelas ini patut dihargai, karena hal itu sebagai bukti Pemprov Kaltim telah memberikan perhatian terhadap pelaksanaan program tersebut di daerah,” kata Farid.
Menurut dia, masuk nominator tentu merupakan prestasi sangat luar biasa. Apalagi menjadi pemenang dan mendapatkan penghargaan tersebut. Karena itu, ke depan apa yang dilakukan Pemkot Tarakan dapat ditiru kabupaten dan kota lain di daerah ini.
Tentunya, dengan program MDG’s yang telah ditetapkan seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Melalui penghargaan tersebut, lanjut dia, hal ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Pusat kepada daerah secara nasional yang berinisiatif untuk melaksanakan. “Saya yakin, apabila itu bisa dilakukan Kota Tarakan, kenapa yang lain tidak,” tegas Farid.
Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Prof Dwi Nugroho Hidayanto, mengatakan prestasi Kaltim melalui Pemkot Tarakan menunjukkan pemerintah pusat telah melihat kinerja yang dilakukan daerah dalam upaya pencapaian MDG’s.
“Saya pikir Kaltim sudah dilihat pemerintah pusat, sehingga daerah mampu masuk dalam nominasi tersebut. Hal ini menunjukkan pelayanan yang diberikan pemerintah daerah, baik Pemprov Kaltim dan Pemkot Tarakan dalam penanganan kesehatan masyarakat sudah dilakukan. Diharapkan, ke depan kabupaten dan kota dapat mencontoh Tarakan untuk mewujudkan pencapaian tersebut,” jelasnya.
Wakil Walikota, Suharjo Trianto, didampingi Kadiskes Tarakan, dr H Khairul, mengatakan tujuan dari program tersebut bukan hanya untuk meraih penghargaan itu. Tetapi, pada intinya adalah bagaimana upaya Pemkot Tarakan untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.
“Jika memang yang kami lakukan itu dianggap baik dan mendapat apresiasi serta penghargaan oleh sejumlah pihak, tentu sangat bangga. Namun, yang perlu kami tegaskan adalah, baik ada maupun tidak penghargaan tersebut programini tetap akan kita lakukan,” kata Suharjo Trianto. (jay/hmsprov).

////Foto : Wagub Kaltim H Farid Wadjdy (dua dadri kanan) bersama Wakil Walikota Tarakan Suharjo Trianto, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Prof Dwi Nugroho Hidayanto, dan Kadiskes Tarakan dr H Khairul saat menghadiri penganugerahan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012. (norjaya/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation