Wagub Minta Lahan Reklamasi Ditanami Pohon Buah

Wagub Hadi Mulyadi saat melakukan panen buah duku di BBI Hortikultura di Desa Batuah. (rosehan anwar/humasprov kaltim)

LOA JANAN - Perusahaan-perusahaan pertambangan batu bara harus menanami pohon buah pada lahan pasca tambang mereka. Permintaan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat panen buah duku di UPTD Balai Benih Induk Hortikultura (BBIH) Desa Batuah Km 40 Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (13/2/2019). Diakuinya, saat ini banyak perusahaan batu bara yang melakukan kegiatan reklamasi namun menggunakan tanaman yang tidak ekonomis.

Menurut dia, sebaiknya kegiatan reklamasi  lahan bisa bekerja sama dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura (DPTPH) untuk menanam pohon buah. "Perusahaan tanami lahan reklamasinya dengan bibit-bibit pohon buah dari BBIH ini," katanya. Tanaman hortikultura lanjutnya, selain bermanfaat untuk hijauan juga menghasilkan buah yang bernilai ekonomi. "Saya terima kasih kalau ada perusahaan batu bara memanfaatkan lahan reklamasinya untuk ditanami pohon buah," Harap Hadi.

Sementara itu Kepala DPTPH H Ibrahim menyatakan kesiapan pihaknya untuk mendistribusikan bibit-bibit buah ke perusahaan batu bara. "Di sini (BBIH Batuah) menghasilkan bibit berbagai buah seperti durian, manggis, rambutan, lai, langsat juga duku dengan berbagai varietas unggul dan berkualitas," ujarnya.

Panen dihadiri istri Wagub Hadi Mulyadi,  Hj Erni Hadi Mulyadi dan Ketua DWP unit DPTPH Hj Norhartati serta Kepala BBIH Batuah Abdul Syarif Rifai. Tampak pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim dan H Aji Sofyan Alek (pendiri BBI Hortikuktura) serta tokoh masyarakat dan sejumlah pimpinan perusahaan tambang batu bara. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation