Wagub Minta Utamakan Pembinaan dan Peningkatan Imtaq

 Pembukaan Munas JATMAN di Balikpapan

BALIKPAPAN-Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP menyatakan, Pemprov Kaltim sangat bangga dengan kehadiran keluarga besar Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) di Kaltim. Thariqah ini adalah bangsa, utamanya dalam upaya membina masyarakat agar  lebih meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Momentum Musyawarah Kubro atau Munas JATMAN ini sangat penting. Selain merupakan agenda organisasi, tetapi juga dapat dijadikan sebagai media meningkatkan hubungan tali silaturrahmi dan syiar Islam," kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP pada pembukaan Musyawarah Kubro (Munas) Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) di aula Asrama Haji Balikpapan, Minggu (26/7). Acara juga dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan sejumlah pejabat daerah.

Mukmin mengatakan  salah satu usaha dan prinsip Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah adalah berupaya meningkatkan amar ma’ruf nahi munkar kepada umat dengan jalan bijaksana (hikmah) dan melalui nasehat yang baik (mauizatil hasanah) serta menghindari cara-cara kekerasan.

Sementara itu, fungsi Thariqat adalah untuk mendidik kehidupan manusia agar senantiasa dekat dengan Allah dan Rasul-Nya. Dengan begitu seseorang akan lebih mengerti untuk meningkatkan kesadarannya. Sedangkan buah dari thariqah, adalah akan merasa dilihat dan didengar oleh Allah. Ketika seseorang selalu merasa menjadi bagian pengamatan Allah SWT, maka akan timbul reaksi, diantaranya adalah rasa malu kepada Allah yang merupakan tanda keimanan.

"Kami sangat bangga dan berbahagia karena Munas JATMAN bisa dilaksanakan di Kota Balikpapan. Setidaknya penyelenggaraan Munas ini dapat menggugah hati umat Islam di daerah ini untuk lebih mengenal Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’ta-barah An Nahdliyyah," papar Mukmin. 

Lanjut Mukmin,  lembaga ini  bukan organisasi politik, bukan membangun wacana politk dan bukan pula wadah politik. Organisasi ini fokus dalam peran untuk meningkatkan ubudiyah, sadar beragama dan bernegara. Lebih dari itu, lembaga ini menjunjung patriotisme kecintaan kepada bangsa dan negara agar NKRI semakin kokoh.

"Dari Kota Balikpapan,  saya mengajak  seluruh peserta dan masyarakat Kaltim, marilah kita membangun kekuatan jiwa dengan senantiasa berdzikir, sehingga memberikan dampak positif terhadap keamanan dan kedamaian yang sangat diperlukan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan menuju masyarakat yang adil dan sejahtera." Ajak Mukmin.

Selain itu Mukmin juga mengajak, untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan. Tidak gampang bercerai-berai disebabkan perbedaan suku agama ras dan antar golongan (SARA) atau hanya karena kepentingan politik sesaat.

"Islam itu sesungguhnya adalah agama rahmatan lil’alamin. Dengan prisip-prinsip demikian, khususnya pada para pengamal thariqah, maka diyakini  akan terciptalah masyarakat yang kita dambakan semua, yaitu masyarakat yang hidup dan merasakan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan," kata Mukmin.

Sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin berharap agar organisasi terus berkontribusi  untuk membangun keimanan dan ketaqwaan umat kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas hidup umat manusia sehingga tercipta  kehidupan beragama yang kondusif  dan Indonesia tetap akan berada dalam kondisi yang damai dan satu.

"Kita  harus tetap memelihara kedamaian sebagai bangsa yang relegius. Yang terpenting adalah hasil Munas JATMAN nanti bisa memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa Indonesia," pinta Menteri Lukman. (mar/sul/hmsprov)

//Foto: Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP (kedua dari kiri). (fajar/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait