Kalimantan Timur
Wagub Minta Waspadai OTG

Dok.humaskaltim

 

SAMARINDA - Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim agar waspada terhadap orang tanpa gejala (OTG), karena mereka tidak menunjukkan gejala sakit, tetapi bisa menjadi sumber penularan virus corona (Covid-19). 

Ada berbagai hal penting menjadi ikatan selama menjalani masa normal agar tetap terhindar dari penularan Covid-19, salah satunya adalah mewaspadai mereka yang ternyata OTG yang juga menjadi salah satu sumber penularan Covid-19 yang sulit dideteksi, bahkan golongan OTG inilah yang berpotensi paling besar menularkan Covid-19 ke orang lain

"Namanya juga tanpa gejala maka sulit untuk mengetahui apakah ada orang di sekitar kita yang tergolong OTG,” kata Hadi Mulyadi usai  tapping kampanye tetap waspada dan berhati-hati untuk menghindari penularan Covid-19, Rabu (17/6/2020). 

Jadi satu-satunya jalan, kata Hadi, untuk menghindari penularan dari OTG yaitu dengan mematuhi dan melakukan protokol kesehatan selama masa normal seperti selalu menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, tetap lakukan physical distancing dan social distancing.  

Saat ini masyarakat  tidak bisa mengetahui siapa OTG, karena mereka  tetap melakukan aktivitas di luar rumah seperti biasa dan masyarakat juga tidak merasa yang bersangkutan sudah terpapar Covid-19. Karena OTG memang seperti orang yang sehat, sehingga masyarakat lainnya tanpa sungkan melakukan aktivitas dengan jarak yang begitu dekat.

"Oleh karena itu  diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat tetap waspada dan berhati-hati melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap menjaga jarak sesuai ketentuan yang dianjurkan pemerintah serta selalu memakai masker," pesannya.

Hadi juga mengharapkan bagi masyarakat yang sudah ditetapkan sebagai ODP, PDP atau OTG harus melakukam isolasi mandiri di rumah, namun demikian masih banyak juga yang masih melakukan aktivitas di luar rumah, sebelum masa inkubasinya selesai.

Oleh karena itu, masyarakat yang sudah ditetapkan sebagai ODP, PDP maupun OTG kiranya bisa melakukan anjuran pemerintah untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sampai masa inkubasinya selesai. 

“Ini semua dianjurkan untuk mengurangi penularan Covid-19 di seluruh wilayah Kaltim. Tanpa adanya kesadaran dan partisipasi dari masyarakat, maka kita akan lambat melakukan pencegahan khususnya dalam memutus mata rantai penularan Covid-19," paparnya.

Hadi Mulyadi  menambahkan, setiap hari ada saja penambahan kasus positif Covid-19, meski di sisi yang lain kasus pasien sembuh jauh lebih banyak. 

"Oleh karena itu, masyarakat diimbau tidak larut dalam eforia ini, hingga melalaikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,  jangan pernah lengah. Dimana pun kita beraktivitas, selalu terapkan protokol kesehatan dengan benar. Lindungi diri dan keluarga, dengan begitu  kita  akan terhindar dari penularan Covid-19," pesan Hadi Mulyadi. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait