Wagub: Motivasi Guru Tingkatkan Prestasi Siswa

Pemilihan Guru Berprestasi se Kaltim

SAMARINDA - Setiap guru harus mampu berinovasi dan berpikir cerdas dalam melaksanakan tugas, sehingga proses belajar di sekolah berjalan sesuai harapan dan siswa dapat mencapai prestasi terbaik. Para siswa mendapat tambahan ilmu dan pengetahuan yang baik, jika guru  cerdas dan mampu memberi teladan yang positif.  

Pemprov secara rutin melalui Dinas Pendidikan Kaltim memberi penghargaan kepada guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah berprestasi sebagai motivasi agar semua berlomba-lomba untuk memberikan prestasi terbaik. 

“Saya mengimbau agar para guru lebih profesional melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Lomba ini diharapkan bisa memberi motivasi, sehingga kinerja guru  lebih baik lagi ke depan," kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal usai membuka lomba pemilihan guru, kepala sekolah dan pengawas berprestasi se-Kaltim,di Samarinda,  Senin malam (29/4).

Melalui pemikiran guru yang cerdas, diharapkan berdampak besar terhadap peserta didik, baik secara individu maupun kelompok. Pemprov Kaltim akan memberikan apresiasi dalam bentuk reward atau penghargaan sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dan guru.  

“Komitmen Pemprov Kaltim jangan diragukan lagi untuk memberikan motivasi kepada seluruh siswa, guru, kepala sekolah dan pengawas yang berprestasi. Apabila ada yang mampu berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasional, maka Pemprov Kaltim siap memberikan penghargaan,” jelasnya.

Berbagai penghargaan sudah diberikan, mulai dari pemberian beasiswa hingga peningkatan kualifikasi guru hingga saat ini terus dilakukan sejak 2009. Karena itu, ketika tampil di tingkat nasional maupun internasional, diharapkan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat menjaga nama baik daerah, sehingga mampu bersaing secara profesional. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan perhatian kepada guru, kepala dan pengawas sekolah berprestasi, dengan cara memberikan penghargaan, sesuai prestasi yang telah dicapai dengan perjuangan yang keras.

“Melalui penghargaan yang diberikan, kami berharap guru, kepala dan pengawas sekolah termotivasi meningkatkan prestasi anak didik, sehingga mampu membawa nama daerah di tingkat nasional dan internasional,” jelasnya. 

Guru, kepala dan pengawas sekolah yang mengikuti pemilihan ini merupakan peserta yang terpilih dari masing-masing kabupaten/kota dengan jumlah peserta guru berprestasi sebanyak 43 orang, kepala sekolah 26 orang dan pengawas sekolah 13 orang. Acara berlangsung sejak 28 April hingga 2 Mei 2014 di Samarinda. (jay/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal bersama Kepala Disdik Kaltim H Musyahrim memberi ucapan selamat kepada sejumlah peserta pemilihan guru berprestasi se Kaltim. (norjaya/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation