Wagub Mukmin Awali Safari Ramadhan di Berau


SAMARINDA - Seperti tahun sebelumnya, Pemprov Kaltim dalam   pada Bulan Ramadhan melakasanakan Safari Ramadhan, tahun ini akan dimulai pada 10 Juni 2016,  yang dilakukan  Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP di Kabupaten Berau. Sementara untuk Gubernur Kaltim di Kota Samarinda.

Pemprov  kembali menjadwalkan Safari Ramadhan 1437 Hijriah ke  kabupaten dan kota. Kegiatan rutin tahunan tersebut untuk mempererat silaturrahmi dengan  FKPD, SKPD, para ulama dan tokoh masyarakat di daerah yang di kunjungi, kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk menyerap aspirasi  rakyat dalam program pembangunan.

"Tahun ini Safari Ramadhan direncanakan di beberapa daerah, yang awali di  Kabupetn Berau, kemudian dilanjutkan ke Kota Balikpapan, Paser, PPU, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota  Bontang yang kemudian diakhiri di Kota Samarinda," kata Asisten  Kesejahteraan Raktyat  Setprov Kaltim  H Bere Ali, diruang kerjanya, Selasa (7/6).

Ditambahkan, dalam kegiatan tersebut, Pemprov Kaltim juga mengadakan ceramah agama dengan mengundang beberapa penceramah kondang baik dari dalam maupun  luar daerah, antara lain  Ustad Taufikurahman  yang juga dikenal dengan ustad Pantun dari Jakarta, Drs KH Solihin MPD dari Sumsel, Prof Dr KH Said Aqil Siradj (Ketua Umum PBNU) Ustad Fikri Zainuddin. KH M Rasyid  (Ketua PW NU Provinsi Kaltim),  KH  Hamri Has  (Ketua MUI  Provinsi Kaltim).

"Ceramah agama  pada Safari Ramadhan nanti adalah sebagai upaya kita   mewujudkan  Bangsa Indoneisa khususnya masyarakat Kaltim yang berkarakter, yang bertujuan untuk menguatkan posisi konsensus nasional yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UU Dasar 1945, yang kesemuanya merupakan hal yang utama dalam konsep Islam" kata Bere Ali.

Selain itu, kata Bere Ali  juga ada pemberian bantuan kepada masjid-masjid yang memang sudah dialokasikan anggarannya melalui APBD Kaltim 2016, bantuan tersebut akan diserahkan secara simbolis dari Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP kepada bupati dan walikota pada saat saat Safari Ramadhan di setiap daerah.(mar/es/humasprov) 

Berita Terkait