Wagub Optimis, Seni Kreatif Kaltim Mampu Bersaing

 

Buka Festival Kemilau Kaltim IX

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP dalam pembukaan Festival Kemilau Kaltim 2014, Rabu (12/11) mengakui tingginya potensi seni kreatif di daerah merupakan bagian terpenting dari industri kreatif daerah ini.

“Kita harus optimistis, seni kreatif Kaltim memiliki kekuatan yang bila benar-benar digarap dan dipromosikan dengan baik maka tidak akan kalah bersaing dengan seni kreatif dari daerah luar,” kata Mukmin Faisyal.

Menurut Mukmin, Pemprov sangat mendukung pengembangan industri kreatif karena memiliki kekuatan dan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan tidak hanya di lingkup lokal, tetapi diarahkan ke level regional, nasional bahkan mendunia.

Subsektor dari industri kreatif cukup banyak, selain industri kreatif berbasis budaya, tari dan musik termasuk seni kreatif berupa karya animasi, game, film dan fashion yang semuanya memiliki potensi.

“Sayangnya, subsektor industri kreatif  belum dikelola dengan manajemen yang baik. Kita yakin, apabila semua subsektor industri kreatif itu digarap secara serius maka hasilnya lebih baik atau berdampak luas pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Karenanya, Wagub berharap agar potensi industri kreatif  di kabupaten dan kota digali dan dikembangkan. Kaltim tidak saja melimpah dalam kekayaan sumber daya alam tetapi beragam suku bangsa, bahasa dan agama termasuk beragam seni dan budaya serta tradisi multi etnis.

“Semua itu harus dikembangkan dan ditumbuhsuburkan agar kita tidak kehilangan identitas dan jati diri. Momentum seni kreatif tahun ini, saya mengimbau mari kita sukseskan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam ke IX Tahun 2014,” ajak Mukmin Faisyal.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin menyebutkan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam IX Tahun  2014 digelar hingga 16 November dan diikuti kabupaten dan kota se-Kaltim bahkan beberapa daerah dari provinsi luar Kaltim.

“Kedepan, kita akan membentuk Badan Koordinasi Promosi Pariwisata Daerah yang bertugas mempromosikan potensi kepariwisataan Kaltim ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri,” ujar Aswin.

Dalam pembukaan Festival Kemilau Kaltim IX Tahun 2014, Wagub berkesempatan memberikan penghargaan bagi juara Putri Pariwisata Kaltim 2014 serta menerima trofi bergilir Gubernur Kaltim dari Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Gufron (juara umum Festival Kemilau Kaltim 2013).

Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam IX Tahun 2014 dirangkai dengan Kemilau Kaltim Expo 2014 di Halaman Parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda, diikuti beberapa daerah dari luar Kaltim. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Wagub Mukmin Faisyal HP memukul gong saat membuka secara resmi Festival Kemilau Kaltim IX Tahun 2014. (jaya/humasprov)

Berita Terkait