Wagub: Penggunaan Telematika Menunjang Kinerja Pemerintah

Malam Anugerah ICT Pura dan AKUSO Award 2013

 

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan, penggunaan telematika perlu dilakukan secara efektif dan efisien guna menunjang pelaksanaan tugas dan tata laksana pemerintah dalam program pembangunan, menuju masyarakat demokratis, adil, makmur dan sejahtera.

Karena itu, anugerah Information Communication Technology (ICT) Pura dan Ajang Kreatifitas Universal Service Obligation (AKUSO) Award 2013, wajar diberikan kepada kabupaten dan kota di Indonesia yang dinilai layak menerimanya.

“Ini sebuah gerakan yang melibatkan segenap pemangku kepentingan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk bersama-sama memetakan serta menghitung indeks kesiapan kabupaten dan kota di Indonesia dalam menghadapi era masyarakat digital berbasis TIK. Saya pikir ini trobosan yang baik dan patut diapresiasi,” kata Farid Wadjdy saat menghadiri malam anugerah ICT Pura dan AKUSO 2013 di Samarinda, Kamis malam (31/10).

Menurut dia, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosial. Sementara itu, salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Karena itu, masyarakat Kaltim patut bersyukur dan memberi apresiasi tinggi pada upaya Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika dengan melibatkan Asosiasi Perguruan Tinggi Komunikasi dari seluruh Indonesia yang telah berupaya dengan baik melaksanakan penilaian dan mendapat informasi tentang perkembangan ICT pada masing-masing kota dan kabupaten di Indonesia sekaligus merangsang pengembangan ICT di berbagai daerah.

”Sehubungan dengan itu, kepada seluruh kepala daerah yang menerima Anugerah ICT Pura 2013 dan para Pemenang Akuso Award dari berbagai daerah di Indonesia diharapkan terus meningkatkan kinerja yang telah dilakukan, terutama dalam melaksanakan program penggunaan telematika di masing-masing daerah, bahkan di wilayah perbatasan dan terpencil,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi  (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengatakan ICT Pura dan AKUSO 2013 digelar berkaitan dengan berakhir pemeringkatan ICT oleh Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo tentang penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi (e-Government) di semua tingkatan pemerintahan se Indonesia dan penilaian USO (Universal Service Obligation) 2013.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang, betapapun banyak kritikan, namun acara ini harus tetap berjalan,” jelasnya.

Sejumlah daerah yang menerima penghargaan tersebut, yakni Deli Serdang, Aceh Utara, Banyuwangi, Luwu Timur, Kebumen, Sinderang Rappang, Sukoharjo, Kepulawan Selayar, Malang, Purwakarta, Hasundutan.

Selain itu juga Batang, Pakpak Barat, Lamongan, Pangkajene dan Kepulauan, Pasuruan, Walikota Semarang, Purbalingga, Luwu Utara, Lamandau, Blitar, Padang Lawas, Asahan, Samosir, Dairi, Banjarnegara, Banggai Laut, Penukal Adab Lematang Hilir dan Bupati Jayapura.(jay/hmsprov).

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy bersama Menteri Kominfo  Tifatul Sembiring pada Malam Anugerah ICT Pura dan AKUSO Award 2013.(norjaya/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation