Wagub : Perempuan Memiliki Peran Dalam Pembangunan

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan perempuan memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat. Sesuai visi Kaltim Berdaulat 2018-2023, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk pemuda, perempuan dan penyandang disabilitas dijadikan prioritas.

Dalam kehidupan bermasyarakat ada empat hal yang harus dilakukan seorang perempuan yakni harus pandai memahami agamanya supaya hidup terarah. Agama apapun baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha maupun Konghuchu pasti mengarahkan kepada kebaikan. "Kewajiban seorang perempuan adalah memahami agamanya, supaya hidupnya terarah dalam kebaikan," kata Hadi Mulyadi saat membuka talkshow peran wanita dalam kebijakan publik di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (23/3/2019).

Berikutnya, lanjut Hadi, perempuan harus produktif dalam mendidik anak-anaknya menjadi generasi yang hebat dan luar biasa. "Dalam mendidik anak banyak faktor yang harus diperhatikan. Diantaranya pendidikan moral dan akhlak yang baik, sehingga kelak anak menjadi seorang yang berakhlak mulia," jelasnya.

Tugas lainya, perempuan harus mendampingi dan mensupport aktivitas suaminya. Karena seorang suami perlu dukungan psikologis. "Istri wajib memberikan dukungan sepenuh hati maka suamipun akan bekerja dengan cinta," ungkap Hadi.

Selanjutnya, ujar Hadi, perempuan harus memberikan manfaat bagi keluarga juga orang lain. Karenanya, harus meningkatkan kapasitas dirinya, sehingga bisa bermanfaat bagi orang. Sebab sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain. "Kaum perempuan harus tahu bagaimana caranya untuk meningkatkan kapasitasnya dan harus membangun komunikasi serta bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan," harap Hadi Mulyadi. (mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation