Wagub Pimpin Upacara Hari Bhakti Rimbawan, Hadi : Ajang Refleksi, Motivasi dan Inovasi

Wagub Hadi Mulyadi (Yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA – Hari Rimbawan selayaknya bukan rutinitas dan seremonial semata tapi ajang melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Harapan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat memimpin Apel Akbar Rimbawan di Halaman Parkir GOR Segiri Samarinda, Senin (18/3/2019).

Peringatan kali ini menurut dia, kesempatan untuk menunjukkan sejauh mana dan sebesar apa kinerja rimbawan dalam mendukung pembangunan dan pelestarian hutan.

“Rimbawan harus memiliki semangat patriot, keberanian dan dedikasi tinggi dalam menjaga lingkungan dan hutan kita,” katanya.

Mengutip sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Wagub Hadi mengungkapkan Presiden menegaskan untuk dilakukan reklamasi dan rehabilitasi hutan secara besar-besaran mulai tahun 2019.

Diantaranya, melakukan gerakan penanaman secara nasional. Rehabilitasi dan penanaman pohon diorientasikan untuk penyelamatan danau, dam (waduk) dan pemukiman. Termasuk menjaga keindahan alam sekaligus untuk perluasan kesempatan kerja serta penyediaan kayu rakyat dan berbagai manfaat ekonomi bagi tabungan masyarakat di masa depan.

Selain itu, target dilakukan reklamasi dan rehabilitasi lahan dilakukan pada 15 daerah aliran sungai (DAS), 15 danau dan wilayah bagian hulu dam sebanyak 65 lokasi.

"Rimbawan digambarkan sosok yang kuat dalam identitas, skill, perspektif berpikir, solidaritas dan bergotong-royong dalam mengamankan lingkungan dan hutan," ujarnya.

Apel peringatan Hari Rimbawan diikuti ratusan peserta terdiri ASN, Polhut, SPORC dan petugas Karhutla lingkup Dinas Kehutanan Kaltim dan Kementerian LHK.

Hadir Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Amrullah dan pejabat Kementerian LHK serta pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim.(yans/her/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation