Wagub: Profesional dan Jangan Arogan

 HUT Satpol PP dan Satuan Linmas

 

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengharapkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mampu bekerja secara profesional dan cerdas dalam bertindak.

Harapan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim usai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisis Pamong Praja ke-65 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-53 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kamis (7/5).

“Satpol PP dan Satuan Linmas harus lebih profesional dan cerdas dalam bertindak, sebaliknya tidak arogan dalam menindak oknum masyareakat yang melanggar ketertiban umum,” kata Mukmin Faisyal.

Sehingga lanjut Wagub, dengan sikap dan prilaku yang santun serta bijaksanan tentu Satpol PP dan Satuan Linmas akan lebih dicintai serta mendapatkan simpati masyarakat, utamanya dalam menegakkan peraturan daerah (Perda) dan ketertiban umum.

Selain itu, dukungan ataupun tambahan anggaran guna kesuksesan operasional pada tahun depan harus pula diimbangi dengan semakin meningkatnya kemampuan dan profesional personil dalam mendukung terselengaranya pemerintahan dan perlindungan masyarakat.

Hal senada diungkapkan Mendagri Tjahyo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub, bahwa peran strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam pemerintahan di daerah untuk urusan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib berkaitan dengan pelayanan dasar sejajar dengan lima urusan dasar lainnya.

“Ketentraman dan ketertiban umum urusan wajib pemerintah sejajar dengan urusan pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukimanserta urusan sosial,” ujarnya.

Namun, konsekuensinya adalah organisasi yang menanganinya haruslah profesional dan memenuhi standar pelayanan minimal, sehingga masyarakat mendapat pelayanan maksimal atas urusan wajib yang dilaksanakan pemerintah daerah.

“Satpol PP merupakan tangan kanan kepala daerah. Karena setiap pembangunan di daerah mustahil terlaksana apabila ketertiban dan ketentraman belum tercapai. Institusi ini sangat penting dan strategis bagi jalannya roda pemerintahan di daerah,” ungkap Mendagri.

Hadir dalam peringatan HUT Satpol dan Satuan Linmas tahun 2015, Direktur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Limas Direktorat Jenderal PUM Kemendagri Asadullah serta Kepala Satpol PP dan Linmas kabupaten dan kota se-Kaltim.(yans/hmsprov)

//Foto: Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal didampingi Direktur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Limas Direktorat Jenderal PUM Kemendagri Asadullah dan Wawali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail pada peringatan HUT Satpol PP ke-65 dan Satuan Linmas ke-53 tahun 2015 di Stadion Madya Sempaja Samarinda.(fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait