Wagub: Sekolah Harus Bisa Menyalurkan Bakat Siswa

Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menegaskan, seluruh jenjang sekolah baik taman kanan-kanan (TK), sekolah dasar (SD), Sekolah tingkat pertama (SMP) maupun sekolah menengah atas (SMA) harus memiliki sarana dan parasana dalam mendukung pengembangan bakat siswa.

"Dengan demikian sekolah mempunyai kewajiban untuk menyiapkan sarana dan prasarana sekolah, hal itu penting agar potensi bakat atau telenta yang dimiliki siswa bisa dikembangkan, apakah itu bidang olahraga, seni dan budaya maupun telenta lainnya," kata Hadi Mulyadi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pendidikan se-Kaltim tahun 2019, yang digelar di Ruang Kersik Luway Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Rabu (27/2/2019).

Hadi Mulyadi juga meminta baik kepada orang tua siswa, sekolah dan guru harus bisa memetakan delapan tipe kecerdasan siswa-siswinya, dan hasil pemetaan kecerdasan dan bakat tersebut harus semuanya terakomodir.

"Jadi tidak boleh ada sekolah yang tidak ada sarana olahraganya, leboratorium bahasa, dan sarana lainnya, karena ada siswa yang tidak suka musik, tetapi suka dibidanag olahraga, ada siswa pintar dibidang akademik, tetapi tidak suka musik maupun olahraga dan sebagainya, makanya semua bakat dari siswa-siswi tersebut harus diakomodir," tandasnya.

Hadi Mulyadi juga meminta agar sekolah juga bisa memberikan apresiasi berupa hadiah kepada seluruh siswa pada saat kenaikan kelas, sehingga mereka termotivasi untuk terus belajar dalam mengembangkan bakatnya, dan jerih payahnya dalam berbagai bidang dihargai.

"Misalnya memberikan penghargaan berupa hadiah akademis mulai ranking 1 sampai 10, kemudian memberikan penghargaan non akademik seperti siswa pintar dalam suatu cabang olahraga, tari dan seni serta bidang lainnya, jadi semuanya dirangsang untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya," jelas Hadi Mulyadi. (mar/sul/fat/humasprov kaltim)

Berita Terkait