Kalimantan Timur
Wagub Tanam Eucaliptus di Bakungan, Wariskan Manfaat untuk Anak Cucu

Foto:ryandi/humaskaltim

BAKUNGAN - Usai melakukan penanaman bibit pohon Jonggon Jaya, Lia Kulu, Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi melanjutkan penanaman di Desa Bakungan.

 

Di lokasi penanaman kedua ini Wagub Hadi menyampaikan bahwa manfaat penanaman ini memang tidak bisa langsung dinikmati sekarang, tetapi  10 hingga 20 tahun ke depan. Tanaman itu akan bermanfaat bagi  anak cucu di masa berikutnya.

 

"Alhamdulillah kita bisa menyaksikan penanaman bibit pohon ini. Kelak 10 hingga 20 tahun akan datang, maka anak dan cucu semua pihak yang terlibat penanaman ini akan menikmati hasilnya. Saya yakin itu," kata Hadi Mulyadi saat silaturrahmi dan penanaman di Hutan Tanaman Rakyat KSU Sutra Alam Mandiri, Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan Kutai Kartanegara, Selasa (8/12/2020).

 

Menurut Hadi, apa yang dilakukan KSU Sutra Alam Mandiri yang  berkolaborasi dengan pemerintah dan perusahaan PT Kalimantan Prima Sejahtera sangat tepat. 

 

Terjalin sinerg, dimana masyarakat terbantu dengan adanya dukungan pemerintah dan perusahaan.

 

Diharapkan, kondisi ini bisa tetap dilanjutkan dan dicontoh perusahaan maupun masyarakat lainnya, khususnya yang tergabung dalam kelompok tani atau koperasi.

 

"Kita tidak bisa membangun kesejahteraan masyarakat tanpa kolaborasi atau kerja sama. Karena itu, Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi kolaborasi ini.  Semoga bermanfaat di masa yang  akan datang," harapnya. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Amrullah mengatakan, bibit yang ditanam di kawasan hutan rakyat ini adalah eucaliptus sp sebanyak ribuan bibit. Bibit-bibit itu  ditanam  seluas 1.113 hektar dan sudah tertanam di kawasan hutan produksi Meratus sekitar 800 bibit.

 

Selain itu, penamanan di Kaltim pada 2020 ini totalnya 300 hektar. Sekitar 150 hektar di Desa Jonggon Raya Kukar dan 50 hektar di Desa Griya Mukti Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), serta 100 hektar di Desa Wonosari di Paser.

 

Hadir Kepala KPH Meratus Muhammad Hazairin Fahmi, Kepala KPH Kelinjau Shahar Al Haq, Ketua Koperasi Sutra Alam Mandiri Muhammad Yasik dan Direktur PT KPS Hasudungan Simamora. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait