Wagub Tegaskan Harkitnas Simbul Persatuan dan Kesatuan

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) setiap 20 Mei merupakan simbol persatuan dan kesatuan. Itu artinya warisan dari nenek moyang harus tetap dijaga dan dipelihara bahkan harga mati untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Peringatan Harkitnas sangat luar biasa, perjuangan pahlawan untuk meraih kemerdekaan harus terus dilanjutkan bagi generasi penerus bangsa. Sebagai warga negara wajib mempertahankannya. Hal-hal yang kontra produktif, tidak konstruktif serta tidak positif kita hindari sehingga kita bisa membangun Provinsi Kaltim yang lebih baik," kata Hadi Mulyadi usai memimpin upacara peringatan Harkitnas ke-111 tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (20/5/2019).

Ditambahkan, untuk mempersatukan bangsa Indonesia, maka semua elemen masyarakat harus saling menghormati keanekaragaman. Jangan menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk bercerai berai. "Membangun dan memelihara semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan merupakan modal penting yang sangat berharga dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam pelaksanaan program-program pembangunan di Kaltim," tandasnya.

Hadi Mulyadi mengatakan dengan momentum Harkitnas dapat lebih dimaknai dan direnungkan khususnya mengenai semangat kebangsaan. Karena, berbagai dinamika yang berkembang serta kondisi akhir-akhir ini membuat masyarakat dapat terancam terpecah belah.

"Dalam menghadapi berbagai tantangan, diharapkan kepada seluruh elemen dan masyarakat Kaltim agar mengedepankan semangat kebersamaan sebagai sebuah bangsa yang bermartabat dan memiliki daya saing tinggi," kata Hadi Mulyadi.

Peringatan Harkitnas di bulan suci Ramadhan tahun ini dapat memacu motivasi untuk terus berbuat lebih baik dalam mengisi dan mendukung program-program pemerintah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tampak hadir Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana, asisten, Kepala Biro dan pimpinan OPD serta ASN dilingkup Pemprov Kaltim, TNI/Polri dan mahasiswa. (mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation