Wagub Temui Pendemo Pabrik Semen, Hadi : Segera Tinjau Lokasi dan Kaji Kondisi Karts

Wagub Hadi menemui pendemo Aliansi Masyarakat Peduli Karts Kalimantan Timur terkait investasi pabrik semen (kiki/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi untuk menemui pada pendemo yang menamakan diri mereka Aliansi Masyarakat Peduli Karts Kalimantan Timur. Demo yang diikuti ratusan orang dilakukan di Jalan Gajah Mada persis di depan Kantor Gubernur Kaltim, Senin (8/4/2019) untuk menolak pembangunan pabrik semen di Kutai Timur.

Secara khusus Wagub Hadi menemui pendemo dan naik ke mobil komando untuk menyapa sekaligus berdialog dan menjelaskan terkait investasi pabrik semen. "Kita ini ingin berdialog. Semua ada mekanisme. Kalau memang jelas ada permasalahannya, pasti kita selesaikan. Intinya, kami berupaya menyejahterakan rakyatnya. Tidak ada niat menyengsarakan. Itu saja," kata Hadi.

Wagub berjanji selain melakukan kajian secara teliti tentang kawasan bentang alam Karts (KBAK). Juga langsung turun ke lapangan untuk melihat secara objektif. "Saya tidak mau asal terima laporan saja dan segera akan kesana. Saya mau lihat langsung kawasan Karts. Saya agendakan sebelum Romadhan," tegas Hadi.

Hadi meminta semua pihak untuk bijaksana menyikapi rencana pembangunan pabrik semen kelanjutan dari kerjasama kepala daerah terdahulu.

Sebab ujar Hadi, hingga saat ini tidak ada satu pun ijin terkait pembangunan pabrik semen yang dikeluarkan dan dikhawatirkan menimbulkan masalah sosial bagi masyarakat setempat bahkan beberapa kawasan lainnya. "Kita akan pelajari tentang hal ini. Pemerintah harus bijaksana dan tidak bisa seketika membatalkan atau menyetujui sesuatu tanpa kajian yang jelas," ucap Hadi.

Konsekuensi Wagub menemui pendemo, akhirnya harus meninggalkan rapat membahas proyek strategis nasional di Kaltim. Termasuk terlambat menghadiri peresmian Gedung Kantor KPPN Jalan Muhammmad Yamin Samarinda serta beberapa agenda lainnya. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation