Wagub Terima Panitia ICCN Summit Unmul

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi sangat mendukung kegiatan Indonesia  Career Center Network (ICCN) Summit 2019 Unmul yang akan digelar pada 17 Oktober 2019.

Hadi Mulyadi mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemprov Kaltim dan masuk dalam RPJMD tahun 2018-2023.

Hadi Mulyadi mengatakan peningkatan sumber daya manusia tentu tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Tapi perlu kerjasama berbagai komponen khususnya perguruan tinggi.

"Peningkatan daya saing SDM merupakan peran yang perlu dilakukan perguruan tinggi. Seiring dengan misi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yaitu meningkatkan akses dan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas," kata Hadi Mulyadi saat menerima wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan alumni  Unmul Dr Encik Akhmad Syaifudin dan Ketua kegiatan ICCN Summit 2019 Unmul Dr Hadi Pranoto, di Ruang Rapat Wagub, Senin (19/8/2019).

Hadi berpesan walaupun penyelenggaraan masih lama, namun panitia sudah melakukan persiapan dengan matang  sehingga pada hari penyelenggaraanya dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan.

"Persiapan harus terus dilakulan melalui komunikasi dan koordinasi dengan  peserta ICCN Summit. Sehingga persiapan akan diketahui dan kekurangan yang harus segera dibenahi agar pelaksanaan berjalan lancar dan sukses," pinta Hadi Mulyadi.

Sementara Hadi Pranoto mengatakan latar belakang kegiatan ICCN Summit 2019 berkaitan dengan  perkembangan sistem perekonomian dunia saat ini. Dimana menuntut keterbukaan sistem ekonomi antar negara dalam suatu kawasan atau lintas kawasan. Kondisi ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap pasar tenaga kerja. Dimana bursa tenaga kerja akan semakin luas sebab kesempatan untuk mengembangkan karir di luar negeri akan semakin mudah.

Hadi menambahkann ICCN adalah jejaring yang dibentuk pada tahun 2016 oleh pusat-pusat karir perguruan tinggi dengan tujuan menentukan arah, menguatkan peran, meningkatkan kualitas layanan dan pengembangan pusat karir di berbagai perguruan tinggi hingga akhirnya terwujud peningkatan kualitas SDM Indonesia.

"Kehadiran ICCN menjadi wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman konsultasi dan mencari solusi permasalahan dalam mengelola dan menguatkan peran pusat karir di perguruan tinggi. Jaringan ini diharapkan kecepatan dalam penguatan peran layanan dan profesionalisme karir yang disesuaikan dengan karakter perguruan tinggi masing-masing," tandas Hadi Pranoto.

ICCN Summit 2019 bertujuan merumuskan strategi,  peran ICCN  terhadap peningkatan daya saing Global SDM Indonesia. Kemudian merumuskan kekuatan,  kelemahan, peluang dan tantangan dalam pengembangan pusat karir perguruan tinggi untuk meningkatkan daya saing global SDM Indonesia.

"Selain itu perumusan dan penyiapan program untuk penguatan fungsi dan peran ICCN dan pusat karier perguruan tinggi dalam peningkatan daya saing global SDM Indonesia," ujarnya.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation