Wajib Sediakan Perpustakaan

Diklat Orientasi Pengelola Perpustakaan Pola 110 Jam

SAMARINDA–Hingga saat ini masih banyak perpustakaan dikelola apa adanya tidak sesuai standar. Hal ini terjadi karena belum adanya perhatian serius instansi terkait.

Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti menyebutkan pihaknya telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan (diklat) orientasi pengelola perpustakaan sebanyak 35 angkatan.

“Sementara masing-masing angkatan terdiri 30 pengelola perpustakaan. Berarti sudah terdapat 1.050 pengelola yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pengelolaan perpustakaan agar lebih baik dan sesuai standar,”  sebut Sri Sulasmi pada pembukaan Diklat Orientasi Pengelola Perpustakaan Pola 110 Jam di Ruang Balai Pustaka, Badan Perpustakaan Daerah Kaltim, Rabu (8/4).

Selain kurang seriusnya pimpinan instansi terkait terhadap pengembangan dan tata kelola perpustakaan sesuai standar, juga seringkali terjadi tenaga perpustakaan yang terampil, justru dimutasi ke instansi lain.

Padahal lanjut Sri, perpustakaan sebagai sumber belajar wajib disediakan setiap satuan pendidikan (sekolah) pemerintah maupun masyarakat (swasta), sehingga perpustakaan sangat strategis dalam mendukung proses belajar mengejar di suatu satuan pendidikan.

“Pendidikan tidak mungkin terselenggara baik apabila tenaga kependidikan dan peserta didik di suatu satuan pendidikan tidak didukung sumber belajar yakni perpustakaan,” ujar Sri Sulasmi.

Sementara itu Ketua Panitia Diklat Patimah Irny mengatakan diklat dilaksanakan selama 14 hari (8-24 April) diikuti 30 peserta dari pengelola perpustakaan sekolah di delapan kabupaten dan kota se-Kaltim (tanpa Kutai Barat dan Mahakam Ulu).

“Diklat orientasi pengelola perpustakaan dilaksanakan dengan menggunakan pola 110 jam dengan materi kelompok dasar 12 jam, kelompok inti 80 jam dan kelompok penunjang 18 jam,” ujar Patimah Irny. (yans/sul/hmsprov)

//Foto: Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti memasangkan tanda peserta diklat. (masdiansyah/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation