Wakil Rakyat Harus Rajin Turun ke Daerah

Wakil Rakyat Harus Rajin Turun ke Daerah

 

SAMARINDA - Sebagai anggota DPR, baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, wakil rakyat harus rajin turun ke daerah. Hal ini diharapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak terkait dilantiknya anggota DPR dan DPD RI terpilih asal Kaltim di Jakarta.  Wakil rakyat yang rajin turun ke daerah akan lebih mengetahui kondisi daerah dan selanjutnya menyampaikan aspirasi daerah ke pusat.

“Dengan turun ke daerah, mereka akan mendengar apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Jadi, saya berharap wakil rakyat yang terpilih dan baru dilantik, baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota lebih rajin turun ke daerah,” kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (1/10).

Khusus kepada wakil rakyat yang duduk di kursi DPR dan DPD RI, gubernur berharap agar betul-betul memegang teguh amanah rakyat Kaltim, yakni mampu memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kaltim secara keseluruhan. Meski berbeda fraksi, diharapkan seluruh wakil rakyat asal Kaltim di Senayan nanti tidak terpecah belah dan hanya mementingkan keuntungan partai saja. 

“Pengalaman saya 10 tahun di DPR, maka sejak menjadi anggota DPR RI kita merupakan wakil rakyat. Jadi, pola pikirnya hanya untuk kepentingan rakyat. Karena itu, kepentingan pribadi dan golongan tidak diutamakan, sebab yang harus diutamakan adalah kepentingan daerah secara menyeluruh,” jelasnya.

Sebagai wakil rakyat, mereka diharapkan bisa masuk dalam komisi-komisi yang mampu memberikan pengaruh besar untuk kemajuan pembangunan daerah. Mulai dari Komisi V bidang pembangunan dan perhubungan, Komisi IV bidang pertanian dalam arti luas, Komisi VI bidang perdagangan dan perindustrian dan Komisi XI bidang anggaran keuangan.

Dengan demikian, apa yang menjadi aspirasi masyarakat di daerah betul-betul dapat disampaikan dan direalisasikan sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah dapat berjalan dengan baik dan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

“Karena itu, untuk mengetahui bagaimana kondisi masyarakat di daerah, wajar jika mereka harus lebih banyak turun ke lapangan," jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Dr H Awang Faroek Ishak

 

Berita Terkait
Government Public Relation