Wakil Samarinda Terpilih sebagai Duta Wisata Kaltim 2013

SAMARINDA - Perwakilan Duta  Wisata dari Kota Samarinda,  Adly Gita Pradhana dan Liliyana Andriyani berhasil menyisihkan sepuluh finalis lain pada ajang Pemilihan Duta Wisata Tingkat Provinsi Kaltim 2013 yang berlangsung di Samarinda, Selasa malam (1/10).
Pemilihan Duta Wisata Tingkat Provinsi Kaltim 2013 diikuti sepuluh pasangan putra dan putri  dari kabupaten/kota di Kaltim. Juara pertama berhak mengikuti ajang serupa tingkat nasional yang diselengarakan tahun depan.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, H.M Aswin mengatakan dengan terpilihnya duta-duta wisata tingkat provinsi ini, diharapkan dapat menyebarkan informasi dan potensi kepariwisataan lebih luas.
“Kita berharap potensi wisata yang kita miliki dapat lebih dikenal di tingkat nasional dan dunia internasional, melalui para duta-duta wisata ini,” harapnya.
Melalui ajang pemilihan duta wisata, para peserta yang sebagian adalah  para remaja, dapat  lebih mengenal dan mencintai sekaligus bangga terhadap budaya Kaltim.
Beberapa kegiatan pariwisata yang telah dilaksanakan di Kaltim yaitu Festival Erau Pelas Benua di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam di Samarinda dan  beberapa pesta adat di kabupaten/kota. Selain itu, sukses juga digelar Festival Derawan di Kabupaten Berau yang berskala Nasional dan Internasional.
“Peran promosi inilah yang harus diambil oleh para Duta Pariwisata agar dapat  menyebarluaskan secara luas mulai dari tingkat keluarga, sekolah hingga ke seluruh penjuru dunia,” ujarnya.
Sementara itu, pasangan Adly Gita Pradhana dan Liliyana Andriyani menjelaskan keterbatasan infrastruktur di Kaltim tidak menghalangi program kepariwisataan yang telah berjalan.
“Berbagai cara dapat dilakukan untuk mempromosikan wisata Kaltim ke tingkat yang lebih luas,  diantaranya memanfaatkan media sosial dan dilakukan pada lingkungan terkecil misalnya sekolah atau lingkungan sekitarnya,” kata Gita.
Duta Wisata Tingkat Kaltim ini  juga didampingi oleh Wakil I pasangan dari Kota Balikpapan, Wakil II pasangan dari Kabupaten Berau. Sedangkan Duta Persahabatan diraih duta dari Kabupaten Kutai Timur. Duta Favorite direbut  Kutai Kartanegara, duta Intelegensia direbut pasangan dari Kutai Barat, The Best Presentation diraih duta dari Kota Tarakan dan duta Berpenampilam Terbaik diraih dari Kota Bontang.(yul/hmsprov).

////FOTO : Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, H.M Aswin bersama pemenang Duta Wisata Kaltim 2013.(yuliawan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation