Wana Bike Communitas (WBC) Aniversary 6th, Gubernur Ajak Komunitas Sepeda Ikut Jaga Lingkungan

Gubernur Awang Faroek Ishak melepas ribuan peserta gowes WBC. Gowes juga dimeriahkan oleh peserta anak-anak. (ADI SUSENO)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyebut saat ini semakin banyak penggemar olahraga bersepeda (gowes) di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk Kaltim. Ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat sudah memiliki kesadaran  untuk hidup sehat. Demikian disampaikan Gubernur Awang Faroek sesaat sebelum melepas ribuan peserta gowes dalam rangka peringatan HUT ke-61 Provinsi Kaltim, Wana Bike Communitas (WBC) Aniversary 6th dan Hari Bakti Rimbawan yang ke-35 di halaman GOR Segiri Samarinda.

 

Penyelenggaraan gowes  WBC  Aniversary  6th ini hendaknya dibarengi dengan semangat kebersamaan. Semangat untuk mendukung program pemerintah "Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat". "Mari terus tumbuhkembangkan minat olahraga bersepeda. Saya berharap akan lahir atlet berkualitas dari sini. Saya juga mengimbau agar semangat berolahraga sepeda ini bukan hanya musiman atau sesaat," pesan Gubernur.  

 

Pemprov Kaltim  menaruh perhatian besar terhadap kiprah klub-klub olahraga dalam upaya mewujudkan generasi muda yang sehat, kuat dan mandiri. Hal penting yang harus dilakukan kata Awang adalah menghidupkan kembali gairah olahraga di kalangan masyarakat, pelajar dan remaja, salah satunya melalui olahraga bersepeda. "Momentum gowes WBC aniversery 6th ini, selain mempererat tali silatuhrami juga bisa menjadi ajang untuk saling bertukar pengalaman, sehingga wawasan berbagai bidang semakin luas," kata Awang Faroek Ishak.

 

Pesan penting lain yang disampaikan Gubernur Awang Faroek kepada peserta gowes untuk selalu menjaga lingkungan agar bisa tetap hijau dengan melakukan penanaman pada daerah-daerah yang gersang. Harapannya, sambil berolahraga juga melakukan penghijuan. "Sambil bersepeda, saya mengajak komunitas sepeda menanam pohon. Kita bantu pemerintah untuk melakukan aksi-aksi menurunkan emisi karbon dunia," seru Awang.

 

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Kaltim Wahyu Widhi Heranata mengatakan kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 3.500 peserta gowes yang berasal dari 185 komunitas sepeda yang tersebar di wilayah Samarinda dan beberapa daerah lainnya di Kaltim. Mereka berasal dari para pegawai organisai perangkat daerah (OPD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, masyarakat umum, TNI, Polri serta komunitas lainnya. "Rute gowes dibagi dua yaitu adventure  dengan jarak tempuh kurang lebih 30 km dan eksekutive  dengan jarak tempuh sepanjang 20 km," kata Wahyu Widhi. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation