Warga Banjar Harus Kompak dan Jaga Kondusifitas Daerah

Menjelang Pemilukada Serentak 9 Desember 2015

 

SAMARINDA - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak yang dijadwalkan pada pada 9 Desember mendatang. Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT),  H Irinto Lambrie mengimbau,  seluruh warga banjar baik di Kaltim dan Kaltara  senatiasa terus meningkatkan semangat persatuan, solidaritas dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat.

"Pada pelaksanaan Pemilukada mendatang, urang banjar harus menggunakan hak pilihnya dengan baik,  jangan sampai ada yang  tidak memilih (Golput) dan  terus tingkatkan partisipasi politik, pelihlah pemimpin sesuai hati nurani serta jaga kerukunan dan keamanan daerah agar tetap kondusif," kata Irianto Lambrie.

Dia mengatakan,  pada  Pemilukada mendatang tentunya  bubuhan banjar menginghinkan  pemimpin yang memiliki integritas dan teruji serta terbukti  untuk mensejahterakan masyarakat.

 "Tentunya yang kita harapkan adalah pemimpin yang bisa bekerja keras, bekerja baik  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata mantan Sekprov Kaltim itu.

Selain itu, urang banjar harus harus bisa  menjadi inspiratif atau pendorong bagi warga lainnya untuk  menjaga keamanan dan ketertiban guna menyukseskan Pemilukada yang tinggal tiga bulan lagi.

"Jangan sampai terpancing provokasi,  jangan mudah diadu domba, kalau ada informasi yang tidak jelas harus dikonfirmasi kepada pihak yang berwenang, sehingga tidak sampai mengganggu kondusifitas daerah," katanya.

Menurut dia,  proses politik itu biasa terjadi upaya-upaya untuk memenangkan salah calon.  Karena itu, urang banjar harus bisa mengambil bersikap netral dan berusaha untuk menyukseskan Pemilukada.       

"Urang banjar  memiliki peran dan tugas penting dalam selalu menjaga  kerukunan hidup antarumat beragama dan antaretnis setra kelompok,  sehingga Kaltim tetap aman dan damai," demikian Irianto Lambrie. (mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait