Warga Binaan Dilatih Sulam Tumpar


SAMARINDA – Guna memberikan bekal hidup berupa keterampilan usaha, maka Himpunan Wanita Karya (HWK) Kaltim bersama Badan Pemberdayaa Perempuan dan KB (BPPKB) Kaltim menggelar pelatihan bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda.
Menurut Kepala Bidang Perlindangan Perempuan dan Anak BPPKB Kaltim Hj Hardiana Muryani, pelatihan keterampilan ini sangat penting, selain sebagai upaya memberdayakan juga meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan.
“Kaum perempuan harus mampu mengeksploitasi potensi diri agar mampu  meningkatkan kualitas hidupnya. Tidak terkecuali warga binaan,” kata Hardiana saat mewakili Kepala BPPKB Kaltim menutup Pelatihan Sulam Tumpar di Lapas Kelas IIA Samarinda, Sabtu (21/5).
Dia berharap selepas menjalani masa pembinaan di Lapas, maka warga binaan itu lebih mandiri dan sejahtera dengan modal keterampilan usaha yang diperoleh.
Selain itu, BPPKB bersama organisasi kemasyarakatan serta instansi terkait akan membantu memasarkan produk Sulam Tumpar ini, sehingga akan menjadi pendapatan bagi warga binaan termasuk setelah mereka keluar dari Lapas.
Sementara itu Ketua HWK Kaltim Theresia Philipus mengatakan pelatihan keterampilan yang dilaksanakan kerjasama HWK dengan BPPKB bertujuan untuk menciptakan wanita-wanita yang mandiri.
“Pelatihan ini untuk bekal hidup mereka nantinya setelah kembali ke masyarakat. Selain bisa mandiri juga mampu meningkatkan penghasilan keluarga. HWK mitra dekat pemerintah selalu aktif melaksanakan program sosial kemasyarakatan,” ujarTheresia.
Pelatihan Sulam Tumpar diikuti sepuluh wargabinaan wanita selama enam hari sejak 16-21 Mei. Tampak hadir Kepala Subbag Tata Usaha Lapas Kelas IIA Samarinda Rita  Hariana mewakili Kalapas Kelas IIA Samarinda. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait