Warga Teluk Semanting Bahagia, Rusmadi Datang, Jaringan Listrik Bakal Terpasang

Sekprov Kaltim Rusmadi disambut dengan senyum gembira warga Desa Teluk Semanting. PLTS saat ini sedang dibangun, ditargetkan selesai akhir November ini. Tahun baru nantu warga Teluk Semanting sudah bisa menikmati listrik.(fajar/humasprov)

 

Warga Teluk Semanting Bahagia, Rusmadi Datang, Jaringan Listrik Bakal Terpasang

 

SEMANTING - Kabar gembira bagi warga Kampung Teluk Semanting, Kecamatan Derawan, Kabuapaten Berau. Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi yang berkunjung mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menjadi pembawa kabar gembira itu.

 

Warga Teluk Semanting sangat gembira karena Rusmadi mengabarkan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat di Kampung Teluk Semanting. PLTS ini dibangun dengan alokasi anggaran Rp4,7 miliar. Seluruh pembangunan PLTS ditargetkan rampung pada November 2017 dengan kapasitas 35 kilowatt dan sambungan rumah/pelanggan 78 rumah dan 7 fasilitas umum serta lampu jalan.

 

"Pekerjaan PLTS ini sudah dimulai sejak Juni. Dan jika melihat waktu pelaksanaan 180 hari, maka pekerjaan ini akan selesai sekitar akhir November atau awal Desember. Itu artinya saat menyambut tahun baru nanti masyarakat Teluk Semanting tidak lagi gelap-gelapan. Semua akan terang karena adanya listrik," kata Rusmadi pada pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kampung Teluk Semanting, Selasa (25/7)

 

Pembangunan PLTS ini akan mendukung kebutuhan masyarakat terhadap listrik, sehingga turut mendukung ekonomi masyarakat. Kehadiran jaringan listrik ini sangat diyakini akan memacu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga setempat. Dukungan pemerintah untuk membangun PLTS ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memeratakan pembangunan. Sebab jangan sampai hanya daerah-daerah perkotaan yang bergerak maju, tapi daerah desa dan pedalaman masih tertinggal dalam kegelapan.

 

"Kami sangat berharap masyarakat bisa mendukung pengembangan dan pembangunan PLTS ini bersama pemerintah," kata Rusmadi. Lebih jauh dijelaskan Rusmadi, Pemprov Kaltim berharap ke depan tidak ada lagi desa dan kampung yang tidak dialiri listrik. Seperti  Kampung Teluk Semanting yang memiliki potensi industri olahan masyarakat, jenis krupuk dan amplang.

 

"Kami bersyukur dan berterimakasih karena pembangunan PLTS ini didukung Bapak Muhrim, warga Kampung Teluk Semanting yang menghibahkan lahan seluas 50×50 m. Semoga PLTS ini bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.Kehadiran Sekprov Rusmadi Selasa lalu disambut Kepala Kampung Teluk Semanting Adjrrul Mustaqiem. Tampak mendampingi Wakil Bupati Agus Tantomo, Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Bere Ali dan Kadistamben Kaltim Amrullah. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation