Wartawan Lokal Diundang Ikut UKW

SAMARINDA- Guna meningkatkan kualitas kinerja pemburu berita dalam melaksanakan tugas sehari-hari, diharapkan partisipasi wartawan lokal di Kaltim dapat mengikuti sosialisasi peraturan dewan pers dan uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim bekerjasama dengan BPD Kaltim, Dewan Pers dan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Jakarta yang dilaksanakan, sejak 28-30 Mei 2013 di Kantor Gubernur Kaltim.
“Kami berharap wartawan lokal di daerah, baik elektronik dan cetak yang harian, mingguan dan bulanan dapat menyukseskan sosialisasi peraturan dewan pers dan UKW ini,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim S Adiyat didampingi Kabag Kehumasan Imanuddin di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (16/5).
 Tujuannya ujar Adiyat adalah untuk menghindari praktek jurnalisme yang tidak sehat dan meningkatkan kualitas pemberitaan media, sehingga menjadi wartawan profesional. Yang jelas, kalau uji kompetensi tentu syarat mutlak dan harus digelar. Karena, ini juga yang menjadi komitmen Humas dan Protokol Setprov Kaltim untuk melakukan pembinaan kepada wartawan di Kaltim.
Sosialisasi tersebut akan disampaikan jajaran dari Dewan Pers Jakarta. Termasuk uji kompetensi tersebut. Diharapkan, selain wartawan lokal, juga diikuti bagi pegawai kehumasan yang menangani media di Pemerintah Kabupaten dan Kota se Kaltim.
Menurut dia, khusus pelaksanaan UKW di Kaltim telah dilakukan tiga kali, yakni dua kali dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim bekerjasama dengan Biro Humas dan Protokol Pemprov Kaltim dan satu kali dilaksanakan PWI Kaltim dengan PWI Balikpapan.
“Guna kelancaran dan kemudahan pelaksanaan kegiatan, diimbau kepada calon peserta dapat menyampaikan biodata dan kepastian keikutsertaan kepada Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim. Informasi bisa disampaikan kepada Hj Elly dinomor telepon 0811554796 atau Soegiyanto dinomor 0811550157. Biodata ketersediaan peserta disampaikan selambat-lambatnya 20 Mei 2013,” jelasnya.(jay/hmsprov).

 

Berita Terkait