Waspadai Hipertensi Dengan Pola Hidup Sehat

Wagub Irup Hari Kesehatan Nasional


SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy  mengajak masyarakat  mewaspadai serta memberikan perhatian secara sungguh-sungguh terhadap hipertensi dengan meningkatkan pola hidup sehat.  
"Hipertensi memberikan dampak negatif terhadap  kesehatan, hal ini menunjukan betapa berbahayanya penyakit tersebut bagi masyarakat kita," kata Wagub Farid Wadjdy usai menjadi inspektur upacara Hari Kesehatan Nasional di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (11/4).
 Sama halnya betapa penting menjaga dan memperhatikan berbagai aspek kesehatan, salah satunya soal hipertensi perlu mendapat perhatian serius.  
"Pemerintah memberi anjuran agar masyarakat membudayakan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengubah pola makan dan mengkonsumsi buah dan sayuran," ujarnya.
Disamping itu juga, perlu upaya mengajak masyarakat untuk  mengubah  pola makan agar hidup  lebih sehat, dengan mengurangi makanan berlemak atau gula juga melakukan aktivitas olahraga secara teratur.
Terkait deklarasi kawasan bebas rokok, Wagub menegaskan bahwa itu merupakan tekad bersama yang patut dilaksanakan karena penyebab hipertensi salah satunya adalah kebiasaan merokok.
'Tidak hanya perokok, mereka yang tidak merokok harus terhindar dari asap rokok. Karena itu perlu pemahaman dan kesadaran tinggi dari semua pihak bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat untuk mendukung menurunkan angka penderita hipertensi di  masyarakat," ujarnya.  
Kawasan bebas tanpa rokok lanjut Wagub,  dimulai dari jajaran Pemprov  Kaltim dengan melakukan pemasangan pamflet, baliho maupun baner dengan tujuan mengingatkan bahwa kawasan  Kantor Gubernur, harus bebas dari asap rokok.
Dia berharap apa yang dilakukan Pemprov Kaltim, juga dilakukan pemerintah kabupaten dan kota.  Tidak terkecuali semua pihak yang  merasa memiliki kepedulian terhadap upaya menurunkan angka hipertensi ini juga dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.   .
Pada kesempatan ini juga diserahkan salinan Peraturan Gubernur Kaltim Nomor I Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok juga penyematan PIN bertuliskan waspada hipertensi kendalikan tekanan darah. Penyematan dilakukan Wagub H Farid  Wadjdy  kepada Ketua DPRD Kaltim H Mukmin Faisal, Kepala BKD  Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Kepala BNNP Kaltim Maridup Samosir Pakpahan, Direktur RSUD Tarakan dr Wiranegara Tan dan Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kaltim Hj Ardiningsih. (sar/hmsprov).

////Foto : Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy menyematkan pin kepada Ketua DPRD Kaltim H Mukmin Faisal. (johan/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait