Waspadai Kebakaran Lahan dan Kebun

Waspadai Kebakaran Lahan dan Kebun

 

SAMARINDA-Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim Hj Etnawati Usman mengimbau kepada seluruh petani pekebun serta perusahaan perkebunan untuk mewaspadai kondisi cuaca guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan kebun.

“Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini dapat menimbulkan bencana. Diantaranya kebakaran lahan dan kebun, sehingga masyarakat perkebunan termasuk perusahaan perkebunan diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar,” jelas Etnawati, Jumat (3/10).

Etnawati mengungkapkan dampak negatif akibat kebakaran lahan dan kebun adalah kerugian materiil yang dapat mengganggu perekonomian dan petani subsektor perkebunan. “Bagi petani sawit berakibat produksi perkebunan pasti akan sangat terganggu akibat kebakaran,” ujarnya.

Sementara kebakaran juga berdampak bagi masyarakat non pekebun dengan ancaman kabut asap dan gangguan pernafasan.

Dijelaskan Etnawati, kondisi ini bukan hanya disebabkan oleh perbuatan manusia tetapi juga karena faktor musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan kawasan lahan dan kebun.

“Karenanya, petani perkebunan diharap berhati-hati dalam mengelola kebun dan jangan membakar lahan,” harapnya.

Selain itu, Etna mengharapkan dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota se-Kaltim dapat memberikan imbauan terkait permasalahan kebakaran lahan dan sepakat untuk memaksimalkan upaya pencegahan kebakaran lahan sedini mungkin. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation