Kalimantan Timur
Waspadai Radikalisme Terorisme yang Menyerang Secara Terbuka


SAMARINDA - Mewakili Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi, Staf Ahli Bidang Polhukam Wahyu Widhi Heranata membuka Lomba Video Pendek dan Diskusi Film, Jum’at (6/11/2020). 

 

Kegiatan Pelibatan Pelajar SLTA dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Kaltim digelar Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bidang Pemuda dan Pendidikan kerjasama Badan Nasional Pencegahan Teroris (BNPT) dilaksanakan di Ballroom Mahakam 1 Hotel Haris Samarinda.

 

Kegiatan satu hari bertema "Kita Indonesia" dimoderatori Yuliawan Andrianto menghadirkan pemateri mantan napiter mitra BNPT Kurnia Widodo, FKPT Kaltim Dr Sudirman dan praktisi film Terikola.

 

Dalam sambutan tertulisnya, Wagub Hadi Mulyadi sangat mengapresiasi kegiatan FKPT dalam menambah wawasan sekaligus kesadaran bagi masyarakat khususnya kalangan pelajar dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di Kaltim.

 

"Ini penting, upaya kita melakukan tindak pencegahan dini bagi generasi muda agar tercegah dari radikalisme dan terorisme," katanya.

 

Tantangan pencegahan ancaman radikalisme dan terorisme menurut dia, semakin berat. Sebab, kemajuan teknologi informasi yang kian canggih dan modern.

 

"Semoga pembuatan film pendek bahaya radikalisme dan terorisme ini menjadi bagian penyadaran bagi pelajar dalam mengimbangi gencarnya serangan media sosial di masyarakat," jelasnya.

 

Ketua FKPT Kaltim Achmad Jubaidi mengatakan kegiatan pencegahan dini radikalisme dan terorisme menyasar ke kalangan pelajar sebagai kaum atau generasi millenial.

 

"Kaum milenial menjadi target kelompok radikalisme dan terorisme. Kalau dulu tertutup, sekarang rekruitmen anggtanya terbuka melalui media sosial. Ini harus kita antisipasi," ujarnya.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait