Wujudkan Derawan sebagai Destinasi Wisata Internasional
TANJUNG REDEB-Perhelatan akbar Festival Derawan 2013 telah usai dan berlangsung sukses. Berbagai rangkaian acara telah terlaksana dengan baik. Diantaranya game fishing tournament, yacht rally, lomba perahu panjang, pawai budaya, atraksi Kulas Kayu, Festival Budaya Kesultanan, serta Berau Expo dan Derawan Expo.  
Wagub Kaltim H Farid Wadjdy menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana serta seluruh masyarakat Berau karena telah berhasil menggelar Festival Derawan 2013 dan menjadi tuan rumah yang baik dan ramah bagi para peserta Festival Derawan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri. 
"Pemprov Kaltim bersama Pemkab Berau mengandalkan Pulau Derawan dan sekitarnya sebagai sumber daya dan modal pembangunan ekonomi khususnya pada sektor kepariwisataan yang perlu mendapat perhatian secara khusus dan dikelola secara optimal untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," ujar Farid pada acara Puncak Festival Derawan 2013 di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Jumat (20/9).
Untuk itu, lanjut dia, Pemprov secara khusus meminta kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menetapkan Derawan sebagai Kawasan Industri Pariwisata Nasional, serta bersama pulau Maratua, Sangalaki dan Kakaban sebagai Destinasi Wisata Dunia. Hal itu, sambung dia, tidak berlebihan jika melihat antiusiasme wisatawan baik mancanegara maupun nusantara mengikuti Festival Derawan.  
"Seluruh rangkaian kegiatan terlaksana dengan sukses. Dan kita bertekad akan menggelar kegiatan serupa lebih baik lagi dan jika dimungkinkan suatu saat akan digelar Sail Derawan. Tentunya setelah belajar dari pengalaman dan evaluasi dari pelaksanaan Festival Derawan kali ini," ucapnya.  
Wagub berharap kepada peserta baik dari dalam maupun luar negeri yang turut berpartisipasi pada Festival Derawan 2013 agar sepulangnya dari Derawan, dapat ikut mempromosikan keindahan Kepulauan Derawan kepada keluarga maupun teman di daerahnya.  
Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta mengatakan Festival Derawan merupakan even besar yang perlu digelar secara rutin. Karena selain sebagai upaya promosi wisata daerah juga dapat meningkatkan dan memajukan perekonomian rakyat dengan banyaknya kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal.  
"Festival Derawan ini tidak hanya even pariwisata saja, tetapi bagaimana ekonomi rakyat juga ikut bergerak seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang," ujar Menristek saat menutup Festival Derawan 2013.  
Acara puncak Festival Derawan juga dimeriahkan dengan aksi terjun payung, tarian kolosal budaya Kaltim, serta festival kuliner (makanan dan minuman khas Berau). Turut hadir pada kesempatan itu, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Wamen Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Sekretaris Kemenkokesra Sugihartatmo, Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) Dedy Sutisna, Bupati dan Wakil Bupati Berau, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kaltim HM Aswin. (her/hmsprov)
 
//Foto: FESTIVAL DERAWAN. Lomba menyelam di Derawan. (heru/humasprov kaltim).
 
 
Berita Terkait
Government Public Relation