Wujudkan Kaltim Jadi Provinsi Gemar Membaca

-Perpusda Gelar Pesta Kaltim Sejuta Buku


SAMARINDA–Dalam upaya pencanangan sekaligus mewujudkan Kaltim sebagai Provinsi Gemar Membaca, Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim bekerjasama dengan even organizer 3GP_roduction Jakarta mengadakan pameran berupa Pesta Kaltim Sejuta Buku 2013.
Pameran buku yang dilaksanakan selama tujuh hari sejak 17-23 Mei di Samarinda ini merupakan bagian dari roadshow di tiga kota secara berturut-turut. Diawali dari Kota Bontang (26 April-2 Mei) dan Balikpapan (5-12 Mei).
Menurut Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti, pameran buku yang berkualitas tersebut dikemas dengan berbagai kegiatan guna meningkatkan minat baca masyarakat.
“Pameran sejuta buku tahun ini akan mendatangkan 150 penerbit nasional dengan berbagai ragam jenis buku. Diantaranya, buku anak-anak dan remaja, pendidikan, sains, iptek, agama dan ekonomi, novel serta sastra,” jelas Sri Sulasmi Retno saat jumpa pers di Ruang Pustaka Utama, Kamis (2/5).
Kegiatan pameran tidak hanya sekedar diisi pameran buku tetapi digelar berbagai kegiatan edukasi dan entertaint (hiburan) yang mampu mengasah kreatifitas dan imajinasi masyarakat Kaltim.
Dijelaskan, memadukan kegiatan pendukung melalui acara wisata buku, games (permainan) pengunjung, lomba-lomba serta hiburan dan talkshow (bincang bareng) dengan  tokoh (publik figure) dan penulis terkenal nusantara yakni Alvin Adam dan Moeamar Emka.
Sejumlah lomba yang digelar diantaranya lomba mewarnai (TK), lomba menggambar (SD), lomba menyanyi (SD/SMP/SMA), lomba fashion show (SMP/SMA), lomba tari kreasi (SD/SMP/SMA), lomba parade band akustik dan dance competition untuk umum.
“Pameran buku yang rencananya akan dibuka Gubernur Awang Faroek Ishak sekaligus pencanangan Kaltim sebagai Provinsi Gemar Membaca dirangkai dengan wakaf buku dari masyarakat yang akan disumbangkan ke sekolah-sekolah di Kaltim,” jelas Sri Retno Sulasmi.
Sementara itu Project Manager 3GP_roduction Jakarta Tri Utami Handayani mengemukakan pameran buku ini sebagai upaya mendekatkan buku kepada seluruh lapisan masyarakat  sekaligus sarana informasi, transaksi dan komunikasi antar masyarakat perbukuan.
“Kegiatan serupa telah kita laksanakan di berbagai kota di Jawa selanjutnya di Kaltim agar masyarakat mampu memperoleh buku-buku bacaan berkualitas. Sehingga berimbas pada peningkatan minat dan kegemaran baca masyarakat,” ujar Tri Utami. (yans/hmsprov).

///Foto : Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno saat memimpin   jumpa pers Pesta Kaltim Sejuta Buku 2013.(masdiansyah/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation