Wujudkan Kemandirian dan Katahan an Pangan 2018

SAMARINDA - Dalam rangka pemberdayaan tenaga penyuluh pertanian yang akan berperan dan membantu percepatan pencapaian program pemerintah menuju kemandirian dan ketahanan pangan 2018, Pemprov Kaltim menyerahkan sebanyak 353 tenaga penyuluh pertanian ke kabupaten/kota se-Kaltim.  

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim, Fuad Assadin mengatakan penyerahan tenaga penyuluh ke kabupaten/kota, merupakan  tindak lanjut perintah gubernur beberapa waktu lalu. Tenaga penyuluh pertanian yang ada merupakan hasil kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda sebanyak 299 orang dan program beasiswa kerjasama dengan PT Sang Hyang Sri sebanyak 54 orang untuk program D3.   

"299 tenaga penyuluh hasil kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unmul asal kabupaten/kota akan lulus pada 2017 mendatang. Rinciannya 85 orang asal Samarinda, 9 orang asal Balikpapan, 3 orang asal Bontang, 48 orang asal Kukar, 26 orang asal Kubar, 32 orang asal Kutim, 43 orang asal PPU, 34 orang asal Paser dan 19 orang asal Berau," papar Fuad Assadin di sela penyerahan  tenaga penyuluh pertanian di Pendopo Lamin Etam, Rabu (27/7).  

Sedangkan program beasiswa pendidikan di Sang Hyang Seri sebanyak 54 orang yang berasal dari Kukar 19 orang, Kubar 12 orang, Kutim 4 orang, PPU 7 orang, Paser 6 orang dan Berau 6 orang.

Saat ini, lanjut Fuad Assadin,  mereka sedang melaksanakan progam Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan penyuluh dan kader pertanian pedesaan TNI melakukan tugas di lapangan.  Dikoordinasikan sedemikian rupa tersebar di kabupaten/kota untuk bersinergi sesuai tugas mereka dan persiapan jika nanti ditugaskan di lapangan saat lulus kuliah.

"Melalui pendistribusian tenaga penyuluh, kita harapkan  kemandirian dan katahanan pangan  2018 bisa diwujudkan," harap Fuad Assadin. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait