Wujudkan Kinerja Profesional dalam Pelayanan Publik

 

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan, pejabat lingkup Kaltim maupun kabupaten/kota diminta melakukan peningkatan terhadap budaya kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam peningkatan kinerja melayanan publik.

Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus mampu menunjukan kinerja yang efektif, efisien, produktif, dan profesional dalam pelayanan publik, karena  tantangan  ke depan semakin berat. Tuntutan masyarakat juga semakin beragam. Makanya setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus  bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk memberikan pelayan terbaik. 

"Perubahan harus dilakukan mulai sekarang untuk menghasilkan kinerja terbaik pada masa mendatang, sesuai dengan kondisi sekarang seiring beragam tuntutan pelayanan kepada masyarakat," kata Mukmin Faisyal.

Mukmin juga meminta kepada seluruh pimpinan SKPD untuk terus melakukan pengawasan. Hal ini penting  dilakukan  guna meningkatkan semangat mewujudkan Kaltim sebagai Island of Integrity  dengan menghindari berbagai tindak penyimpangan.  Sehingga pada gilirannya diharapkan mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Mukmin mengakui, memang saat ini ada sebagian ASN di lingkungan Pemprov Kaltim maupun pemerintah kabupaten/kota yang tingkat kinerjanya bagus dan ada juga yang menurun.  Bagi yang sudah bagus harus bisa dipertahankan, semenetara yang belum baik harus segera ditingkatkan. 

Meski setiap SKPD memiliki program yang bagus, tetapi jika tidak dilaksanakan dengan baik karena disiplin kerja kurang, maka semua itu tidak ada gunanya.  Sebab, bagaimana pun hebat dan pintarnya setiap pegawai, jika dia tidak disiplin, maka semua pekerjaan dipastikan tidak terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

"Pelayanan yang lambat dan bertele-tele hanya akan mengganggu jalannya birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai membuat masyarakat marah, tetapi mari kita wujudkan pemerintah yang melayani, bersih dan berwibawa," pinta Mukmin. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation